AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Fun to Drive Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Fun to Drive Calya G A/T, Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T

Inilah hasil komparasi fun to drive Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Inilah hasil komparasi fun to drive Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia. Sampai saat ini GO+ Panca memang belum memiliki unit bertransmisi otomatis. Namun dengan transmisi manual 5 percepatan, ia terbukti bisa membukukan akse lerasi lebih gesit dibanding kan Calya dan Sigra.

Terlebih GO+ menjadi pionir di segmen LCGC yang menempatkan tuas persneling di bagian dasbor. Alhasil untuk perpindahan gigi, bisa dilakukan lebih responsif karena jarak tuas yang dekat dengan setir.

Meskipun begitu, keasyikan berkendara Calya dan Sigra juga tidak kalah. Transmisi otomatis mereka memiliki pilihan mode D4, 3, atau 2 untuk menyesuaikan medan yang dilalui.

Meskipun akselerasinya tidak segalak GO+ yang bertransmisi manual, tapi transmisi otomatis Calya dan Sigra jadi menyenangkan saat mobil melaju di kemacetan.

Lalu soal pengendalian. Jika menilik lebih dalam, ketiga kandidat Road Test kali ini memiliki basis dari sebuah hatchback, sehingga memberikan dampak positif dalam hal pengendalian.

Posisi tuas perseneling Calya mudah dijangkau Armrest di Calya dan Sigra ampuh membuatnya lebih rileks ketika dikendarai Transmisi manual GO+ Panca memberi kesenangan saat berakselerasi keras

Toyota dan Daihatsu berhasil memberikan racikan yang pas antara bantingan suspensi dengan ukuran ban yang digunakan. Hingga membuat Calya dan Sigra memiliki pengendalian yang lebih apik dibandingkan GO+ Panca. Terlebih keduanya menggunakan pelek ring 14 inci yang lebih manapak di jalan. Meskipun dengan dimensi bodinya yang lebih besar, keduanya masih terasa limbung saat memasuki tikungan.

Sementara GO+ memang sedikit lebih tajam di tikungan. Namun penggunaan ban dengan ring 13 inci jelas menuntut kehati-hatian dalam me ngemudi terutama saat kondisi hujan. Tapi menyenangkannya, torsi putaran bawah yang besar membuat GO+ cukup menyenangkan saat melaju dengan beban penuh atau di tanjakan.

 

350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar