AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Performa Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Performa Calya G A/T, Sigra R Deluxe AT dan GO+ Panca T

Auto Bild lakukan komparasi performa Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia. Siapa paling kencang dan irit?

Datsun GO+ Panca mengusung mesin HR12DE berkapasitas 1.198 cc 3 silinder. Tenaga maksimalnya hanya 68 dk pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 104 Nm pada putaran 4.000 rpm. Lantas apakah hal ini seimbang untuk menantang duo LCGC Astra terbaru, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya?

Pada uji komparasi ini keduanya mengirimkan varian terbaik dengan mesin 3NR-VE berteknologi Dual VVT-i. Rinciannya ialah mesin 1.197 cc 4 silinder bertenaga 86 dk dan torsi 108 Nm. Output itu lalu dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Keluaran tenaga GO+ memang lebih kecil 20 dk dibanding dua rivalnya tersebut. Namun, bukan berarti mesin mungil 3 silinder milik Datsun itu tidak cekatan. Ia tetap terasa responsif dibanding kedua rival dengan transmisi manualnya.

Torsi putaran bawahnya besar membuat respons mesin terasa instan. Injak sedikit gas di 2.000 rpm, GO+ pun melaju cepat bagai tanpa hambatan.

Meski begitu, di atas 4.000 rpm akselerasinya menurun dan terasa datar. Tidak heran untuk parameter 0-100 km/jam, GO+ bisa menuntaskannya dalam 13,3 detik. Lebih baik dibanding Calya dan Sigra yang masingmasing menorehkan angka 14,3 detik untuk parameter yang sama.

Tidak sekadar cekatan, mesin mungil GO+ juga mampu menorehkan efisiensi BBM yang baik. Di dalam kota, ia meraih angka 13,3 km/l dan 19,8 km/l untuk rute tol.

Namun, angka impresif GO+ itu ternyata masih kalah mengilap dari Calya dan Sigra. Memboyong spesifikasi teknis yang identik, baik mesin, transmisi maupun bobot, performa efisiensinya juga kembar, yakni 17,3 km/l untuk rute dalam kota dan 20,5 km/l untuk rute tol.

 

350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar