AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Akomodasi 7 penumpang, menempatkan keduanya jadi rival seimbang bagi Datsun Go+ Panca. Kami pun lakukan komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Akomodasi 7 penumpang, menempatkan keduanya jadi rival seimbang bagi Datsun Go+ Panca. Kami pun lakukan komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia.

Tiga tahun berselang sejak 2013 lalu, pengesahan regulasi Low Cost Green Car (LCGC) memunculkan peta persaingan baru. Berbagai APM berlomba mengisi segmen ini dan membuat mobil murah yang ramah lingkungan.

Dari beberapa merek yang sudah meluncur, hanya Datsun yang berhasil menawarkan perbedaan. Adalah Datsun GO+ Panca yang tidak saja didukung mesin 1.198 cc 3 silinder yang teruji cukup irit, tetapi juga akomodasi 5+2 yang tidak diberikan rival lain di kelasnya.

Kini GO+ Panca tidak lagi sendirian. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) melahirkan penantang baru. Mereka menghadirkan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang sudah didesain bisa menampung 7 orang penumpang di dalam kabinnya.

Jika sudah begini, satu-satunya jalan ialah mempertemukan ketiga mobil ini dan mengujinya secara komprehensif. Di sini kami menghadirkan tipe tertinggi Toyota Calya G AT dan Daihatsu Sigra R Deluxe AT.

Sementara untuk Datsun kami menggunakan GO+ Panca T Option bertransmisi manual 5 percepatan. Pasalnya seluruh line-up Datsun GO yang ada saat ini belum tersedia unit bertransmisi otomatis.

Model GO+ Panca T Option juga bukan tipe paling tinggi, namun model kedua paling mahal setelah GO+ Panca T Style yang sayang tidak ada unit tesnya. Selain konfigurasi mesin dan interior yang sama, keduanya hanya sedikit berbeda di aplikasi body-kit plus tambahan 1 airbag di sisi pengendara. Jadi kami anggap GO+ Panca T Option sudah cukup representatif untuk meladeni tantangan Sigra dan Calya.

Sejatinya sebuah LCGC, kami tidak cuma membahas akomodasi 7 penumpang, tetapi juga unsur kepraktisan yang masuk dalam parameter kenyamanan. Pun dengan performa mesin serta keasyikannya saat dikendarai (fun to drive). Sementara parameter desain, fitur, dan value for money jadi pelengkap untuk menentukan kontestan terbaik. Tanpa berpanjang lebar lagi, ini dia ulasannya.


On The Road

Meski tergolong kategori mobil murah, ketiga mobil ini tidaklah nampak ‘murahan’ saat melaju di jalan. Toyota Calya tampil sporti ditopang pelek 14 inci model multi palang.

Wajah depannya terlihat tajam mengusung lampu utama yang agak pipih dan menyatu dengan gril krom. Sementara bumper trapezoidal dengan imbuhan rumah lampu kabut krom yang meruncing ke bawah jadi identitas tambahannya.

Wajah Sigra memang tidak jauh berbeda dibanding Calya. Perbedaan tersaji di gril, dimana pada bagian tengahnya disematkan logo S yang merupakan inisial nama Sigra. Sementara untuk memberi perbedaan tegas, area rumah lampu kabut sudah dibuat mendatar dan lebih dinamis.

Lalu untuk GO+ Panca, tampang luarnya memang cukup sederhana. Di depan, ia terlihat agak polos tanpa aplikasi foglamp dan hanya bermodalkan lampu utama yang cukup besar. Beruntung gril jaring warna hitamnya sudah diimbuhi ornamen krom sebagai pemanis.

 

350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar