AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Perbandingan Kenyamanan Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Dalam parameter ini, Toyota Calya memiliki suspensi yang lembut utamanya di bagian belakang. Ini menghadirkan rasa lebih nyaman untuk seluruh penumpang.

Sementara Brio Satya yang memang punya karakter suspensi khas Honda yang sedikit kaku harus menelan konsekuensinya. Ia tidak lebih empuk dari Calya meski Calya diset untuk beban lebih berat yaitu 7 penumpang.

Desain bangku depan dengan sandaran dan headrest menyatu di Brio Satya punya tampilan sporti. Bentuknya pun dapat menopang tubuh dengan baik.

Busa bangku terasa lebih tebal sehingga tetap nyaman sambil Anda bermain-main dengan kemudinya yang sangat ringan.

Sayangnya, desain head rest bangku untuk penumpang belakang terlalu pendek yang bisa mengurangi kenyamanan. Posisi kepala penumpang belakang akan terlalu mendongak saat ingin bersandar ke belakang.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Akomodasi baris kedua Calya prima Headrom baris ketiga calya terbatas

Sebenarnya desain bangku depan milik Calya hampir serupa dengan Brio Satya, namun memiliki busa lebih tipis. Hanya saja tinggi head rest agak rendah untuk pengemudi yang memiliki figur 170 cm. Alhasil, kepala tidak bisa bersandar dengan sempurna.

Beruntungnya, Calya bisa menebus kekurangannya dengan kenyamanan prima di baris kedua. Bangku baris kedua yang bisa digerakkan maju-mundur membuat penumpang di sini punya legroom yang leluasa.

Saat bangku baris kedua diset sedikit maju, legroom baris ketiga juga secara mengejutkan, cukup kompromistis untuk orang dewasa.

Untuk urusan leg-room di baris kedua, Calya bisa dibilang lumayan. Sayangnya untuk headroom di bangku baris ketiga, terasa terbatas.

Terakhir bicara soal kesenyapan, deru putaran roda dan mesin masih menyusup selama berkendara hingga ke dalam kabin Brio Satya. Tapi bukan berarti Calya punya tingkat kesenyapan lebih baik. Ketika mobil melaju di jalan bebas hambatan tanpa adanya suara lain dari head unit, suara putaran roda dan deruan mesin masih terdengar dari arah firewall. Artinya, untuk urusan kesenyapan kabin, kedua mobil ini sama imbang.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Headrest belakang Brio terlalu rendah Akomodasi belakang Brio lumayan lega


HONDA BRIO SATYA E CVT: 3 bintang
TOYOTA CALYA G AT: 4 bintang

 

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Rabu, 3 Agustus 2016

Mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan harga murah. Namun Honda Brio Satya E CVT harganya saat ini dibanderol Rp 149,6 juta dan menjadi LCGC termahal. Kami pun dapat kesempatan mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

test-drive

Minggu, 9 Oktober 2016

Tes Drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Menyandang status LCGC, mobil ini banyak bertingkah. Namun selayaknya anak muda, dari situlah ia meraih eksistensi diri. Auto Bild lakukan tes drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

mobil-baru

Kamis, 7 April 2016

Varian dan Harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS Terbaru di Indonesia

Ada 5 varian dan harga terbaru yang ditawarkan dengan perbedaan eksterior, interior, fitur dan transmisi. Inilah varian dan harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS terbaru di Indonesia

test-drive

Kamis, 1 Desember 2016

Mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia

Auto Bild mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia. Toyota Calya bukan sekadar refleksi dari saudara kembarnya Daihatsu Sigra. Tawaran aspek keamanan dan kenyamanan yang lebih baik menjadi poin penting untuk memikat konsumen

mobil-baru

Selasa, 24 Mei 2016

Toyota Calya Adalah Nama MPV LCGC Toyota Terbaru di Indonesia

Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut

mobil-baru

Kamis, 22 September 2016

Fungsi Lubang Pipih di Atas Tombol AC Toyota Calya

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil Toyota Calya, mungkin ada sedikit kebingungan saat melihat tombol pengaturan AC. Ada sebuah lubang pipih diatas tombol AC Toyota Calya. Lantas apa fungsi lubang pipih di atas tombol AC Toyota Calya?

mobil-baru

Senin, 15 Agustus 2016

Toyota Calya Bukan Toyota Agya Versi Panjang

Toyota Calya bukan Toyota Agya versi panjang. Hal tersebut kami rasakan ketika melihat dan mencoba langsung di dalam kabin Toyota Calya. Mulai dari sasis, kaki-kaki dan drivetrain, kami melihat Calya sangat berbeda dari adiknya tersebut

mobil-baru

Selasa, 2 Agustus 2016

Toyota Calya Hanya Punya 1 Pilihan Mesin

Meski memiliki desain serupa, pilihan mesin Toyota Calya ternyata lebih terbatas dibandingkan Daihatsu Sigra. Yup, Toyota Calya hanya punya satu pilihan mesin, yaitu 1.200 cc dengan kode 3NR-VE yang telah dilengkapi teknologi katup variabel Dual VVT-i

mobil-baru

Selasa, 2 Agustus 2016

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Resmi Diluncurkan

Dua mobil LCGC terbaru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra resmi diluncurkan hari ini, Selasa (2/8) di Karawang, Jawa Barat. Ini merupakan kolaborasi terbaru dari kedua brand yang sudah menjalin kerjasama sejak 1967.

mobil-baru

Rabu, 27 Juli 2016

Perbandingan Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di Indonesia

Perbedaannya tidak hanya eksterior dan interior tapi juga harga. Berikut perbandingan harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di Indonesia