AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Perbandingan Performa Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Jika bicara performa, rasanya Honda Brio yang mampu bersuara lebih lantang. Mengusung mesin dan transmisi baru, Honda Brio menghasilkan performa akselerasi dan konsumsi bahan bakar yang memuaskan.

Meski hanya berselisih tenaga 2 dk dibanding Toyota Calya, Honda Brio mampu mencatatkan waktu akselerasi 0-100 km/jam yang terpaut cukup jauh dibanding Toyota Calya. Honda Brio mengunci angka 11,8 detik, sementara Toyota Calya harus puas dengan 14,3 detik.

Hasil catatan akselerasi itu, juga mencerminkan impresi keduanya saat kami berkendara di kedua mobil ini. Honda Brio terasa sangat gesit dan sigap dalam membangun kecepatan.

Meski menggunakan transmisi jenis CVT yang minim sensasi entakan, tenaga yang lebih besar ditambah bobot yang lebih ringan, membuat Honda Brio terasa lebih dinamis.

Saat dimuati 7 orang penumpang, harus diakui, tenaga 88 dk milik Toyota Calya terasa masih kurang. Mobil ini terasa kepayahan saat harus membangun kecepatan menengah, khususnya di medan menanjak.

LCC Rp 150 Jutaan
LCC Rp 150 Jutaan
Mesin Brio baru dapat tambahan tenaga 2 dk Transmisi matik konvensioanal, Calya lebih irit di dalam kota

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Kedua mobil ini terlihat saling unjuk  gigi. Toyota Calya berhasil unggul dalam konsumsi bahan bakar dalam kota.

Analisa kami, transmisi otomatis konvensional Calya lah yang jadi sebabnya. Dengan kondisi ‘stop and go’ yang intens  di rute dalam kota, transmisi otomatis model gigi terasa lebih minim power loss ketimbang transmisi puli CVT milik Honda Brio.

Honda Brio balik melawan di konsumsi bahan bakar rute tol. Lagi lagi kami menuding transmisi yang jadi faktor dibalik hasil konsumsi yang dicatatkan.

Transmisi CVT berhasil melajukan mobil dengan putaran mesin yang lebih rendah di kecepatan jelajah. Hasilnya, di kecepatan 100 km/jam, mesin Honda Brio hanya berputar 2.000 rpm. Bandingkan dengan Toyota Calya, di kecepatan yang sama mesin meraung hingga putaran 3.000 rpm.


HONDA BRIO SATYA E CVT: 4 bintang
TOYOTA CALYA G AT: 3 bintang

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Rabu, 3 Agustus 2016

Mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan harga murah. Namun Honda Brio Satya E CVT harganya saat ini dibanderol Rp 149,6 juta dan menjadi LCGC termahal. Kami pun dapat kesempatan mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

test-drive

Minggu, 9 Oktober 2016

Tes Drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Menyandang status LCGC, mobil ini banyak bertingkah. Namun selayaknya anak muda, dari situlah ia meraih eksistensi diri. Auto Bild lakukan tes drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

mobil-baru

Kamis, 7 April 2016

Varian dan Harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS Terbaru di Indonesia

Ada 5 varian dan harga terbaru yang ditawarkan dengan perbedaan eksterior, interior, fitur dan transmisi. Inilah varian dan harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS terbaru di Indonesia

mobil-baru

Rabu, 11 September 2013

Honda Brio Satya, Mobil Termurah Honda

Ini merupakan produk terbaru sekaligus termurah dari Honda yang berlaga di segmen Low Cost Green Car (LGCG) di Indonesia.

umum

Senin, 17 Oktober 2016

Perbandingan Performa Honda Brio RS Dengan Honda Brio Satya

Kami melakukan perbandingan performa Honda Brio RS dengan Honda Brio Satya. Di atas kertas, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS memiliki spesifikasi mesin yang serupa. Keduanya menggunakan mesin 1.198 cc 4-silinder dengan tenaga 90 dk

first-drive

Kamis, 6 Oktober 2016

Mencoba Toyota Calya E M/T di Indonesia

Inilah Toyota Calya tipe E. Diposisikan sebagai varian entry di dinasti Calya, ia diset dengan harga paling bersahabat. Apalagi dengan transmisi manual, seperti apa rasa berkendaranya? Auto Bild mencoba Toyota Calya E M/T di Indonesia

first-impresion

Selasa, 13 September 2016

Mencoba Impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia

Auto Bild mencoba impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia. Mengambil basis dari Agya, kami pikir style Toyota Calya akan senada dengan adiknya tersebut. Ternyata dugaan kami salah. Mengapa?

test-drive

Kamis, 1 Desember 2016

Mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia

Auto Bild mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia. Toyota Calya bukan sekadar refleksi dari saudara kembarnya Daihatsu Sigra. Tawaran aspek keamanan dan kenyamanan yang lebih baik menjadi poin penting untuk memikat konsumen

mobil-baru

Selasa, 24 Mei 2016

Toyota Calya Adalah Nama MPV LCGC Toyota Terbaru di Indonesia

Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut

mobil-baru

Kamis, 22 September 2016

Fungsi Lubang Pipih di Atas Tombol AC Toyota Calya

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil Toyota Calya, mungkin ada sedikit kebingungan saat melihat tombol pengaturan AC. Ada sebuah lubang pipih diatas tombol AC Toyota Calya. Lantas apa fungsi lubang pipih di atas tombol AC Toyota Calya?

mobil-baru

Senin, 15 Agustus 2016

Toyota Calya Bukan Toyota Agya Versi Panjang

Toyota Calya bukan Toyota Agya versi panjang. Hal tersebut kami rasakan ketika melihat dan mencoba langsung di dalam kabin Toyota Calya. Mulai dari sasis, kaki-kaki dan drivetrain, kami melihat Calya sangat berbeda dari adiknya tersebut