AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

LCC Rp 150 Jutaan

Foto : Tim Auto Bild

Persaingan Sengit Honda Brio Satya E CVT vs Toyota Calya G AT



Rp 150 jutaan mungkin bukan nominal yang besar untuk membeli sebuah mobil baru. Namun, jika dana itu dibelanjakan untuk mobil Low Cost Car, pilihan yang Anda miliki akan sangat mewah.

Low Cost Car atau Low Cost Green Car (LCGC) adalah penggolongan mobil di Indonesia yang istimewa. Keistimewaannya berasal dari skema pajak yang lebih ringan dari pemerintah sehingga harga jualnya lebih bersahabat.

Namun tentu ada persyaratan, selain hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, mobil-mobil di kelas ini juga harus dirakit dalam negeri dan memiliki atribut atau identitas lokalnya. Seperti merek, nama atau emblem.

Nah, yang menarik, ada dua mobil ‘mewah’ di kelas LCGC yang punya harga mirip, yaitu Honda Brio Satya E CVT dan Toyota Calya G AT. Kami pun langsung tertarik untuk mengadu, siapa yang paling baik di antara keduanya.

Saat artikel ini ditulis, harga Honda Brio Satya E CVT hanya berpaut harga Rp 100 ribu lebih mahal dari Toyota Calya G AT yang dijual seharga Rp 150 juta.

Awalnya, mobil di kelas ini didominasi oleh mobil berjenis hatchback, seperti yang diusung Honda Brio Satya. Kemudian masuk peserta lain yakni Datsun Go+ yang memiliki akomodasi 5+2.

Tapi di tahun 2016 lalu, masuk pula Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang menggunakan jenis bodi MPV murni. Kapasitas penumpang pun 7 orang dan terhitung akomodatif bahkan untuk penumpang dewasa.

Di tahun ini, Honda Brio mendapatkan revisi yang cukup banyak. Mulai dari sentuhan di eksterior, desain dasbor baru, mesin dan transmisinya pun baru.

Meski masih menggunakan unit mesin 1.198 cc berkode L12A, tenaganya kini meningkat 2 dk menjadi 90 dk. Selain itu, transmisinya juga sekarang sudah menggunakan CVT.

Sebagai pemain baru di kelas ini, Toyota Calya tampil percaya diri. Bersama Daihatsu Sigra, Calya punya keunggulan dalam hal kapasitas penumpang yang mampu memuat 7 orang. Mesin yang digunakan pun cukup menjanjikan, berkat imbuhan teknologi Dual VVT-i yang diklaim efisien.

Harga mirip, kapasitas mesin serupa, kelas mobil sama, tapi dengan gaya bodi dan akomodasi berbeda. Siapakah di antara mereka yang keluar jadi juara? Simak pengujian kami selengkapnya.


On The Road

Toyota Calya terlihat lebih mencolok, karena desainnya yang lebih update dibanding Honda Brio. Apalagi, desain Calya termasuk dinamis untuk mobil berformat MPV. Saat melongok ke belakang, desain lampu berserta lens extender-nya pun mirip kepunyaan sang kakak, Toyota Kijang Innova.

Desain eksterior baru Honda brio memang tidak bisa dibilang buruk. Bumper depan baru yang didesain sedikit melebar disertai aksen guratan, membuatnya tampil kian agresif. Desain peleknya terlihat lebih apik dibanding Toyota Calya, meski hanya dicat satu warna.

 

358/42-49(11-24Jan17)

Komentar

Berita Terkait

first-drive

Rabu, 3 Agustus 2016

Mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan harga murah. Namun Honda Brio Satya E CVT harganya saat ini dibanderol Rp 149,6 juta dan menjadi LCGC termahal. Kami pun dapat kesempatan mencoba Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

test-drive

Minggu, 9 Oktober 2016

Tes Drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

Menyandang status LCGC, mobil ini banyak bertingkah. Namun selayaknya anak muda, dari situlah ia meraih eksistensi diri. Auto Bild lakukan tes drive Honda Brio Satya E CVT di Indonesia

mobil-baru

Kamis, 7 April 2016

Varian dan Harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS Terbaru di Indonesia

Ada 5 varian dan harga terbaru yang ditawarkan dengan perbedaan eksterior, interior, fitur dan transmisi. Inilah varian dan harga Honda Brio Satya dan Honda Brio RS terbaru di Indonesia

mobil-baru

Rabu, 11 September 2013

Honda Brio Satya, Mobil Termurah Honda

Ini merupakan produk terbaru sekaligus termurah dari Honda yang berlaga di segmen Low Cost Green Car (LGCG) di Indonesia.

first-drive

Kamis, 6 Oktober 2016

Mencoba Toyota Calya E M/T di Indonesia

Inilah Toyota Calya tipe E. Diposisikan sebagai varian entry di dinasti Calya, ia diset dengan harga paling bersahabat. Apalagi dengan transmisi manual, seperti apa rasa berkendaranya? Auto Bild mencoba Toyota Calya E M/T di Indonesia

first-impresion

Selasa, 13 September 2016

Mencoba Impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia

Auto Bild mencoba impresi Toyota Calya G A/T di Indonesia. Mengambil basis dari Agya, kami pikir style Toyota Calya akan senada dengan adiknya tersebut. Ternyata dugaan kami salah. Mengapa?

test-drive

Kamis, 1 Desember 2016

Mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia

Auto Bild mencoba Toyota Calya G Manual MT di Indonesia. Toyota Calya bukan sekadar refleksi dari saudara kembarnya Daihatsu Sigra. Tawaran aspek keamanan dan kenyamanan yang lebih baik menjadi poin penting untuk memikat konsumen

mobil-baru

Selasa, 24 Mei 2016

Toyota Calya Adalah Nama MPV LCGC Toyota Terbaru di Indonesia

Kabar terakhir MPV LCGC ini akan menggunakan basis dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Lantas, apakah namanya? Konon, Toyota Calya adalah nama dari MPV LCGC Toyota terbaru di Indonesia tersebut