AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pertarungan Medium SUV

Foto : Arizona Sudiro

Pertarungan Sengit Medium SUV dari Empat Negara Berbeda



Tak bisa disangkal, Medium SUV adalah kelas ‘gemuk’ di Indonesia. Gaya tangguh, akomodasi cukup luas dengan dimensi relatif kompak, menjadi beberapa faktor yang membuat mobil di kelas ini digemari. Bahkan dari riset yang kami lakukan, audiens Auto Bild Indonesia adalah mayoritas pemilik Medium SUV.

Sebelumnya kelas ini masih didominasi oleh Nissan X-Trail, Honda CR-V dan Mazda CX-5. Namun, sebaiknya ketiga mobil itu, harus berhati-hati.

Serangan besar-besaran, hadir menggempur dari para rivalnya. Gelombang serangan itu berasal dari produsen asal Amerika Serikat, Prancis, dan Korea Selatan.

Mereka seolah kompak satu suara, berusaha meruntuhkan hegemoni produsen asal Jepang di kelas ini. Agar persaingan semakin panas, kami hadirkan tipe termewah dari keempatnya.

Hadir paling segar di pasaran adalah Renault Koleos. Medium SUV ini tetap dibangun berdasarkan platform modular CMF-CD khas Renault-Nissan, termasuk wheelbase 2.705 mm yang sama dengan X-Trail.

Reformasi masif dilakukan di sekujur Renault Koleos. Mulai dari eksteriornya yang begitu futuristis, hingga aura kabin yang bernuansa canggih. Sedangkan mesinnya, Renault Koleos masih berbagi dengan unit 2.488 cc 4 silinder milik Nissan X-Trail 2.5.

Kandidat selanjutnya adalah Chevrolet Captiva 2.0 LTZ FWD. Medium SUV andalan PT General Motors Indonesia ini pun meluncur versi facelift-nya pada Agustus 2016 lalu.

Ubahan yang dilakukan masih menyentuh sisi eksterior dan interior. Secara umum tampilan membulat di generasi sebelumnya, berubah jadi semakin mengotak. Wajahnya juga kian agresif.

Di bulan yang sama dengan Captiva, Hyundai Tucson XG resmi diperkenalkan di Indonesia. Kredit positif hadir berkat desainnya yang semakin mirip dengan sang kakak, Hyundai Santa Fe.

Desain Fluidic Sculpture khas Hyundai masih dipertahankan. Sebagai tipe tertinggi, Tucson XG juga sudah dilengkapi panoramic sunroof dan pintu bagasi elektrik.

Hadir sebagai petahana, Honda CR-V 2.4 Prestige Fender Edition. Tampilan generasi baru CR-V facelift ini memang tidak terlalu banyak direvisi. Tampilan fascia-nya modern dengan gaya melancip, sedangkan desain buritan yang mungkin tidak jadi selera semua orang.

Di kelas ini, sebenarnya ada Nissan X-Trail dan Mazda CX-5. Sayangnya, belum tersedia unit tes hingga tenggat waktu yang telah kami tentukan. Langsung saja kita mulai pertarungan sengit ini. Apakah ketiga kontestan terbaru ini mampu memberikan gebrakan?


On The Road

Kami paling tertarik akan penampilan Renault Koleos saat di jalan. Desainnya terlihat paling mewah. DRL yang memanjang ke bawah dan menyerupai taring, terlihat begitu agresif. Aksen garis krom di bagian samping yang memanjang juga terlihat amat atraktif dan tidak pasaran.

Gaya khas Amerika, hadir di Chevrolet Captiva. Gaya mengotaknya terlihat sangar dan timeless. Kami juga suka hadirnya door step yang mampu mendongkrak citra mewah mobil ini.

Hyundai Tuscon pun tidak kalah menarik, desainnya yang halus dan terlihat mengalir, membuatnya terlihat cantik. Harus kami akui, Honda CR-V tidak terlalu menarik perhatian di jalan. Mungkin karena ia yang paling ‘tua’ dan populasinya banyak di jalan. Jadinya, tidak terlihat spesial.

 

 

360/42-49(8-21Feb17)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Senin, 5 Desember 2016

Nissan X-Trail 2017 Siap Tambah Fitur

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menegaskan komitmennya untuk tampil beda dengan semangat Intellegent Mobility. Bahkan NMI tengah menyiapkan Nissan X-Trail 2017 sebagai kampanye Intelligent Mobility dan diproyeksi meluncur tahun depan

mobil-baru

Jumat, 2 Desember 2016

Honda CR-V 2017 Siap Dirakit Lokal

Kehadiran CR-V generasi kelima pada 2017 mendatang menjadi keluarga CRV pertama yang memakai mesin turbo dan transmsi CVT, mesin ini merupakan pinjaman dari Honda Civic Turbo. Dan di Indonesia, Honda CR-V 2017 siap dirakit lokal

umum

Kamis, 27 Oktober 2016

Adu Fitur Hiburan Renault Koleos VS Mazda CX-5

Mazda CX-5 merupakan Medium SUV dengan fitur yang berlimpah. Munculnya Renault Koleos terbaru di Indonesia memberi perlawanan cukup sengit dengan beberapa fitur andalannya. Kami pun mengadu fitur Renault Koleos vs Mazda CX-5

special-test

Selasa, 15 November 2016

Perbedaan Signifikan Dimensi Renault Koleos Baru dan Nissan X-Trail

Renault Koleos hadir kembali meramaikan peta persaingan Medium SUV. Meski rangka dan mesinnya sama persis dengan Nissan X-Trail. Koleos membungkus penampilannya kini dengan nuansa kemewahan yang lebih prestisius

special-test

Kamis, 3 November 2016

Perbandingan Performa Renault Koleos VS Honda CR-V di Indonesia

Renault Koleos baru hadir mengusung mesin yang sama dengan milik koleganya Nissan X-Trail. Lantas sejauh mana perbandingan performa mesin Renault Koleos melawan Honda CR-V di indonesia?

special-test

Kamis, 27 Oktober 2016

Komparasi Spesifikasi Mesin Renault Koleos VS Mazda CX-5 di Indonesia

Renault Koleos mempunyai spesifikasi mesin yang cukup tangguh. Bagaimana bila spesifikasi mesin Renault Koleos dibandingkan dengan Mazda CX-5? Berikut komparasi spesifikasi mesin Renault Koleos vs Mazda CX-5

special-test

Jumat, 21 Oktober 2016

Perbandingan Harga Renault Koleos vs Honda CR-V vs Nissan X-Trail vs Mazda CX-5

Renault kembali meramaikan segmen Medium SUV dengan menghadirkan new Renault Koleos. Lantas inilah perbandingan harga antara Renault Koleos, Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5

test-drive

Kamis, 5 Januari 2017

Test Drive Awal Renault Koleos di Indonesia

Kami melakukan test drive awal Renault Koleos di Indonesia. Renault Koleos mencoba menawarkan sensasi berkendara yang berbeda dari Medium SUV lainnya. Memang tidak seagresif Mazda CX-5, tapi lebih berupaya memberikan pengalaman berkendara yang nyaman

knowledge

Kamis, 5 Januari 2017

Konsumsi BBM Renault Koleos Lebih Irit Dibanding Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail

Rangka dan sasis mobil ini masih sebangun dengan Nissan X-Trail. Termasuk juga dengan jantung pacunya. Dan ternyata, konsumsi BBM Renault Koleos lebih irit dibanding Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail

knowledge

Jumat, 21 Oktober 2016

Fitur Renault Koleos Yang Tidak Dimiliki Para Rival

Tidak saja dibekali tampilan yang moderen, Koleos juga sudah dilimpahi berbagai fitur menarik. Berikut beberapa fitur apik Renault Koleos yang tidak dimiliki para rivalnya