AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kesimpulan dan Data Tes Komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Tes Komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T

Inilah kesimpulan dan data tes hasil komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia

Inilah kesimpulan dan data tes hasil komparasi Toyota Calya G A/T, Daihatsu Sigra R Deluxe AT dan Datsun GO+ Panca T Option di Indonesia.

Others Fact

PILIHAN MESIN DAN TRANSMISI

Mesin pada Daihatsu Sigra ada dua jenis. Mesin 998 cc 3 silinder berkode 1KR-VE yang hanya digunakan pada Daihatsu Sigra tipe D MT dan MT. Selebihnya model Sigra yang lain sudah menggunakan 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc 4 silinder. Mesin yang sama inilah yang juga diaplikasi di seluruh line up Toyota Calya. Sementara pada Datsun GO atau GO+ hanya mengandalkan unit 1.198 cc 3 silinder bertenaga 68 dk.

Untuk pilihan transmisi, baik Calya dan Sigra sudah memilki 2 opsi. Ada model bertransmisi otomatis 4 percepatan dan juga manual 5 percepatan. Sementara Go+ hingga saat ini masih menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Namun prediksi kami unit bertransmisi otomatis akan segera meluncur dalam waktu dekat mengingat peta persaingan yang semakin ketat.

PILIHAN TIPE DAN RENTANG HARGA

Daihatsu Sigra menjadi kontestan dengan pilihan tipe paling banyak yakni 10 tipe. Dimulai dari Daihatsu Sigra 1.0 D MT yang dibandrol Rp 106,6 juta hingga tipe termewah Sigra R Deluxe AT seharga 147,35 juta.

Sementara Datsun GO dan GO+ totalnya memilki 9 tipe. Semuanya hanya unit bertransmisi manual dan hanya berbeda di kelengkapan eksterior dan interior. Tipe termurah ialah Datsun GO Panca T yang dibanderol Rp 105,1 juta. Sementara yang paling mahal ialah GO+ Panca T Style seharga Rp 120,95 juta.

Varian paling sedikit disediakan Toyota Calya yang hanya memiliki 4 tipe. Mulai dari Calya E MT, E AT, G MT dan G AT. Adapun rentang harganya mulai dari Rp 132,45 juta hingga Rp 150 juta.

 

Kesimpulan

Gebrakan yang dilakukan si kembar, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra terbukti bisa melumat Datsun GO+ Panca T Option. Di beberapa parameter, kedua mobil ini mampu mengalahkan GO+ dengan cukup tegas.

Dari sisi desain, kehadiran Calya dan Sigra yang atraktif jelas mudah menarik antusias. Bagi calon konsumen kelas LCGC yang mendamba sebuah transporter untuk 7 penumpang, keduanya bisa jadi pilihan tepat. Tidak saja dengan kabin yang lebih lega dibanding GO+ tapi juga fitur yang lebih lengkap.

Performa kedua mobil kembar ini juga cukup ideal. Mesin berteknologi Dual VVT-i yang diusung memang tidak begitu perkasa saat diajak berakselerasi keras. Tetapi terbukti efisien dalam hal olah konsumsi BBM.

Meski desain keduanya identik, kami menilai proporsi tampang Sigra lebih baik jika dibanding Calya. Meski pada beberapa parameter Sigra terlihat memberi celah untuk ‘saudara tuanya’ unggul.

kami menilai proporsi tampang Sigra lebih baik jika dibanding Calya. Meski pada beberapa parameter Sigra terlihat memberi celah untuk ‘saudara tuanya’ unggul.

Sementara GO+ bukannya tanpa perlawanan. Selain kemasan harga yang lebih murah, mobil ini mudah dicintai berkat mesin bandel yang dimiliki. Ia mampu diajak berakselerasi kencang, walau kenyamanannya akan sedikit tereduksi.

Saran kami, sudah saatnya model ini berbenah dan memberi penyegaran lebih banyak. Tidak saja dari tampilan dan  tur yang diperbarui tapi juga opsi transmisi otomatis untuk menyikapi jalanan Ibukota yang semakin padat saat ini.

 

Peringkat Akhir
1 2 3
TOYOTA CALYA G AT DAIHATSU SIGRA R DELUXE AT DATSUN GO+ PANCA T OPTION
+: Fitur lebih lengkap, interior lapang, kenyamanan, jaringan purna jual, resale value tinggi
-: Desain gril, harga, pilihan tipe sedikit
+: Desain wajah, fitur, interior lapang, ke nyamanan, pilihan tipe banyak
-: Gengsi, seatbelt 3 titik tak di seluruh bangku
+: Akselerasi, pe ngen dalian, harga murah
-: Desain, fitur, kenya manan, sistem pendingin kabin


350-42-49(20Sep-3Okt16)

Komentar