AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pertarungan Medium SUV

Foto : Arizona Sudiro

Uji Performa Honda CR-V vs Hyundai Tucson vs Chevrolet Captiva vs Renault Koleos



Aspek ini seharusnya menjadi ladang poin bagi Honda CR-V. Tak lain karena SUV Honda ini memanggul mesin paling bertenaga, sehingga potensinya menjadi yang paling kencang jadi lebih besar. Ini hasil uji performa Honda CR-V vs Hyundai Tucson vs Chevrolet Captiva vs Renault Koleos

Namun, kenyataan berkata lain. Mesin 2.354 cc yang memuntahkan 190 dk itu hanya mampu membawa Honda CR-V berlari 0-100 km/jam dalam 10,3 detik. Tertinggal dari Renault Koleos yang mampu membukukan angka 9,8 detik di pengujian serupa.

Tercepat ketiga adalah Chevrolet Captiva, yang tampil impresif dengan mesin diesel penuh torsinya. Dengan torsi 400 Nm, dorongannya ketika start terasa mengentak. Sayangnya saat masuk di putaran tinggi, nafasnya mulai tersengal. Wajar memang, mengingat mesin diesel yang secara alami kuat di putaran rendah-menengah.

Seperti kami duga sebelumnya, Tucson tampil sebagai juru kunci karena menggunakan mesin bensin dengan kapasitas paling mungil yaitu 1.999 cc.

Tidak ada yang menonjol dari performa Tucson. Punya tenaga-torsi 158 dk dan 196 Nm, output yang tersedia adalah yang paling ‘bersahaja’. Deret angka itu membuatnya butuh 11,5 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam.

Tapi tidak dengan catatan konsumsi BBM. Hyundai Tuscon mulai berbicara banyak, lantaran ia menjadi kedua terhemat di belakang Renault Koleos untuk rute dalam kota. Tucson mampu meraih angka 10,1 km/l, sedangkan Renault Koleos dengan 10,9 km/l.

Chevrolet Captiva yang sempat diduga sangat hemat karena bermesin diesel, ternyata hanya bisa mencapai 9,7 km/l untuk rute dalam kota.

Analisa kami adalah transmisi Captiva yang terasa lelet dalam berpindah gigi. Sering kali, mesin dipaksa berputar di atas 2.000 rpm sebelum akhirnya transmisi berpindah gigi. Meski kami sedang berkendara santai dan dengan mode berkendara ECO. Kondisi ini jelas merugikan dan berdampak pada konsumsi bahan bakarnya

Meski begitu, konsumsi dalam kota Chevrolet Captiva setidaknya masih lebih baik dari CR-V yang terpuruk di angka 9,1 km/l. Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM rute tolnya?

Hal istimewa datang dari Renault Koleos ketika diuji di rute tol. Ia membukukan 17,9 km/l, alias yang teririt dengan selisih angka signifikan dari 3 lainnya. Honda CR-V, Chevrolet Captiva dan Hyundai Tucson? Berturut-turut mencetak 14,6 km/l, 14,6 km/l (sama dengan CR-V) dan 14,2 km/l.


Renault Koleos Panora mic Roof: 4,5 bintang
Chevrolet Cap tiva 2.0 LT Z FWD: 3,5 bintang
Hyundai Tucson XG A/T: 3 bintang
Honda CR-V 2.4 Prestige Fender Editon: 3,5 bintang

 

360/42-49(8-21Feb17)

Komentar