AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kesimpulan dan Data Tes Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Foto : Noor Zaenuri

Kesimpulan dan Data Tes Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Berikut kesimpulan dan data tes antara Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Berikut kesimpulan dan data tes antara Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT. Sebelum berbicara mengenai kesimpulan soal pemaparan data, ada baiknya kami ulas sedikit mengenai impresi berkendaranya saat dimuati beban penuh.

Ternyata benar saja, bagian belakang kedua Sigra menjadi ambles saat dimuati beban penuh. Hal itu tentu saja menuai beberapa kerugian.

Contohnya ground clearance, khususnya bagian belakang yang semakin rendah. Kami harus ekstra hati-hati saat melewati gundukan jalan.

Selain itu, titik jatuh sorotan lampu juga jadi tidak optimal dan tentunya menyilaukan kendaraan dari arah lawan, karena sorotnya menjadi terlalu tinggi.

Untuk handling, secara mengejutkan justru terasa lebih baik dibanding kondisi kosong. Analisa kami, dengan beban penuh yang lebih menekan bodi ke bawah, membuat body roll menjadi semakin minim.

Berdasarkan pengetesan kami, penurunan performa memang terjadi saat kedua Daihatsu Sigra kami isi beban penuh. Penurunan performa paling signifikan terjadi pada akselerasi Sigra otomatis. Pada akselerasi 0-60 km/jam, waktunya melorot 2 detik saat dimuati beban penuh.

Soal pengereman, fiturrem ABS terbukti sangat membantu. Meski fungsi utamanya bukan untuk mempersingkat jarak pengereman, tapi membuat mobil lebih mudah mendapatkan hasil pengereman yang lebih baik. Selain itu, rem ABS memungkinkan Anda bermanuver selagi melakukan pengereman keras.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar? Kepercayaan bahwa transmisi manual masih lebih baik dalam mengolah bahan bakar karena minimnya power loss, masih terbukti.

Transmisi dengan pedal kopling ini selalu lebih unggul dibanding transmisi yang menggunakan torque converter.

Hal mengejutkan lainnya adalah, meski dimuati beban penuh, catatan konsumsi bahan bakar kedua mobil, hanya turun tidak lebih dari 3 km/l.

Masih sangat masuk akal menurut kami. kecepatan rata-rata yang cukup tinggi juga membuat kedua transmisi beda jenis ini, masih mampu menyajikan angka yang memuaskan.

Jika di kecepatan lebih rendah dengan intensnya kondisi stop and go, kami rasa konsumsi BBM Sigra AT akan melorot lebih jauh.

Intinya adalah, sebelum menentukan jenis transmisi di Daihatsu Sigra, pahami dulu kebutuhan Anda. Apalagi jika sering berkendara dengan kondisi beban penuh.

Daihatsu Sigra transmisi manual lebih mampu menjaga performa khususnya urusan akselerasi. Hal ini jadi penting ketika Anda sering bepergian bersama ke medan menanjak seperti pegunungan.

Tapi ingat, Daihatsu Sigra manual belum dilengkapi rem ABS. Jadi bijaklah saat melakukan pengereman keras di mobil ini.

Daihatsu Sigra otomatis jelas menawarkan kenyamanan lebih dalam mengemudi, karena absennya ritual injak pedal kopling. Selain itu berkat adanya rem ABS, hasil pengeremannya juga lebih konstan berada di level terbaiknya. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, tidak terlalu berselisih jauh dibanding rival manualnya.

Others Fact

Pilihan Mesin

Jika Anda tertarik dengan Sigra manual, maka Daihatsu telah menyiapkan dua pilihan mesin. Selain dibekali unit 1.197 cc, versi manualnya juga punya pilihan mesin dari Daihatsu Ayla berkapasitas 998 cc dengan lontaran tenaga maksimum 67 dk.

Sementara itu, untuk versi matiknya Daihatsu Sigra hanya memiliki satu pilihan mesin yaitu 1.197 cc bertenaga 88 dk.

Pilihan Tipe & Rentang Harga

Cukup banyak memang tipe yang disiapkan Daihatsu untuk penggawa LCGC 7-seater mereka, Sigra. Hal ini terbukti dengan tersedia 6 pilhan tipe untuk model transmisi manual dan 4 pilihan tipe untuk model otomatisnya.

Untuk versi manualnya, Anda dapat menemukan mulai dari bermesin 998 cc terdiri dari 2 tipe yaitu, 1.0 D MT dan 1.0 M MT. Sedangkan di mesin 1.997 cc-nya Anda akan ditawarkan 4 tipe mulai dari 1.2 X MT, 1.2 X Deluxe MT, 1.2 R MT hingga 1.2 R Deluxe MT. Rentang harganya ada di angka Rp 106,6 juta di tipe 1.0 D MT hingga yang termahal 1.2 R Deluxe MT dijual seharga Rp 134,55 juta.

Sedangkan versi matik bermesin 1.997 cc, ada pilihan tipe 1.2 X AT, 1.2 X Deluxe AT, 1.2 R AT, dan 1.2 R AT Deluxe. Harganya dijual mulai dari angka Rp 137,65 juta hingga tipe termahal di angka Rp 147,35 juta.
 

 

355/48-49(30Nov-13Des16)

Komentar