AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Komparasi Spesial Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Foto : Noor Zaenuri

Komparasi Spesial Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Ada yang beranggapan bahwa Daihatsu Sigra akan kepayahan jika dimuati beban penuh. Untuk itu kami komparasi spesial Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MTdengan beragam skenario tes

Ada yang beranggapan bahwa Daihatsu Sigra akan kepayahan jika dimuati beban penuh. Untuk itu kami komparasi spesial Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MTdengan beragam skenario tes.

Sejak beredar secara viral video Daihatsu Sigra yang ambles karena dimuati beban penuh, kami langsung terusik untuk menelusurinya.

Selain kondisi beban penuh, tentu saja kedua jenis transmisi Daihatsu Sigra juga mengusik kami.

Bagaimana impresi dan perbedaannya saat dimuati beban penuh? Apakah transmisi manual yang diyakini digdaya dalam hal konsumsi bahan bakar dan akselerasi, bisa tetap lebih perkasa saat dimuati beban penuh dibanding saudara transmisi otomatisnya?

Selain itu, kami juga penasaran untuk menguji kemampuan pengeremannya. Karena telah kita ketahui bersama, bahwa beban akan berdampak pada kemampuan pengereman.

Ada fakta unik soal pengereman, meski keduanya berada di tipe tertinggi, hanya Sigra dengan transmisi otomatis yang sudah dilengkapi rem ABS. Seperti apa hasilnya nanti?

Sekadar info, Daihatsu Sigra otomatis menggunakan jenis transmisi matik konvensional 4 percepatan. Sedangkan versi manualnya pakai 5 percepatan.

Keduanya menggunakan mesin sama yaitu 3NR-VE, berkapasitas 1.197 cc. Meski menggunakan basis mesin milik Toyota Etios, mesin Sigra telah dilengkapi teknologi katup variabel Dual-VVTi.

Sebagai data pembanding, kami juga akan menyajikan data pengujian berbagai parameter dengan kondisi beban kosong. Dengan itu, kami harap Anda akan bisa membayangkan lebih nyata, kemampuannya di saat kondisi kosong dan fully loaded. Seperti apa hasilnya? Segera buka lembar selanjutnya.

On The Road

Saat melaju di jalan, Anda tidak akan melihat perbedaan eksterior antara Sigra manual dan otomatis. Hal itu terjadi karena tidak ada pembeda apapun antara keduanya. Bahkan sekadar emblem AT yang biasanya hadir pada tipe otomatis pun absen.

Karena keduanya tipe tertinggi, jelas banyak unsur kosmetik eksterior yang memperindah tampilannya. Seperti bingkai foglamp aluminium, aksen krom di bingkai kaca dan under side body.

Spion juga sudah terdapat lampu sein. Selain itu, ada juga decal bertuliskan DELUXE di ujung bawah pintu belakang yang membuatnya sedikit atraktif.

 

355/42-43(30Nov-13Des16)

Komentar