AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Perbandingan Akselerasi Daihatsu Sigra Kondisi Kosong dan Beban Penuh

Perbandingan Akselerasi Daihatsu Sigra Kondisi Kosong dan Beban Penuh

Inilah perbandingan akselerasi Daihatsu Sigra kondisi kosong dan beban penuh. Sebagai sebuah LCGC 7 penumpang, Daihatsu Sigra harus bisa menampung beban berat

Inilah perbandingan akselerasi Daihatsu Sigra kondisi kosong dan beban penuh. Sebagai sebuah LCGC 7 penumpang, Daihatsu Sigra harus bisa menampung beban berat. Sebelumnya telah beredar video yang menggambarkan bahwa bodi Sigra jadi ambles saat dimuati beban penuh.

Hal itu menginspirasi kami untuk melakukan pengujian. Tentu saja bukan sekadar melihat seberapa jauh bodinya turun, tapi kami langsung mengujinya dengan berbagai parameter saat kondisi bebannya penuh. Pada kesempatan kali ini kami akan menguji akselerasinya.

Kami berasumsi, berat rata-rata orang dewasa adalah 60 kg. Dengan kapasitas penumpang 7 orang, artinya masing-masing Sigra harus membawa beban seberat 420 kg. Atas alasan kepraktisan, kami mengganti beban orang dengan sejumlah karung pasir hingga berat total dengan tester menjadi 420 kg.

Uji 0-60 Km/jam dan 40-60 Km/jam

Kami menguji akselerasi 0-60 km/jam dan akselerasi pertengahan 40-60 km/jam. Kami membawa sekaligus dua Daihatsu Sigra beda transmisi untuk diuji. Berikut adalah hasilnya.

Daihatsu Sigra MT tampil digdaya pengujian akselerasi. Saat kosong, ia mampu mengunci angka 5.3 detik untuk akselerasi 0-60 km/jam. Sedangkan saat dimuati beban penuh, waktunya hanya melorot 0,8 detik menjadi 6,1 detik. Untuk versi otomatisnya, 0-60 km/jam dituntaskan dalam waktu 6,5 detik. Saat diisi beban penuh, catatan akselerasinya melorot 2 detik, menjadi 8,5 detik

Untuk akselerasi 40-60 km/jam kondisi kosong, Daihatsu Sigra transmisi manual mengunci angka 2,2 detik. Saat diisi beban penuh, waktunya turun jadi 2,4 detik. Sedangkan untuk Sigra AT di kondisi kosong, mampu mencatatkan waktu 2,9 detik. Saat isi beban penuh, catatan waktunya jadi memburuk ke angka 3,9 detik.

 

Komentar