AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tes Pengereman Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Foto : Noor Zaenuri

Tes Pengereman Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Berikut adalah hasil tes pengereman Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT

Berikut adalah hasil tes pengereman Daihatsu Sigra AT VS Daihatsu Sigra MT. Pada pengujian pengereman kali ini, kami masih membaginya dalam dua tahap yaitu kondisi berbeban dan kosong. Jarak pengereman pun dibatasi pada kecepatan 60-0 km/jam.

Karena kami yakin pengereman keras yang mungkin terjadi seharihari, biasanya ada di rentang kecepatan ini.

Meski kedua mobil ini adalah tipe tertinggi yang hanya dibedakan dengan transmisi, namun perlu diketahui bahwa Sigra manual tidak dilengkapi dengan ABS seperti yang sudah terpasang pada Sigra matik.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa rem ABS tidak berfungsi untuk mempersingkat jarak pengereman. Namun pada pengetesan ini, kami merasa dengan rem ABS, mobil bisa lebih konstan dalam meraih hasil terbaiknya.

Hal itu terjadi, karena ABS mampu meminimalkan risiko ban mengunci, meski kami telah melakukan teknik pengereman pulsing dan threshold di Sigra manual yang non-ABS.

Komponen ABS pump & valve absen di Sigra MTKomponen ABS pump & valve absen di Sigra MT

Hasilnya, meski dimuati beban penuh, rem ABS mampu mencatatkan penurunan hasil yang tidak terlalu signifikan.

Sekarang mari kita ulas hasilnya. Untuk pengereman 60-0 km/jam kondisi kosong, Sigra AT membutuhkan jarak 14,7 meter. Sedangkan saat dimuati beban, jarak yang diperlukan hingga mobil berhenti total, hanya menjauh 10 sentimeter menjadi 14,8 meter.

Bandingkan dengan Sigra manual yang non-ABS. Dengan kondisi beban kosong, mobil mampu berhenti total dari 60 km/jam di jarak 18,9 meter. Sedangkan saat dimuati beban penuh, hasil tes terbaik kami untuk Sigra MT lebih jauh 1,3 meter.

 

355/46-47(30Nov-13Des16)

Komentar