AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Renault Kwid Vs Suzuki Celerio

Foto : Rusli Ilfan

Kesimpulan dan Data Tes Suzuki Celerio Vs Renault Kwid



Others Fact

Pilihan Varian
Soal ketersediaan varian, Suzuki Celerio boleh unggul. Meski sama-sama tidak punya pilihan mesin lain, hanya Suzuki Celerio yang punya pilihan transmisi otomatis.

Hal ini jadi penting, karena kini banyak konsumen yang ingin transmisi tanpa ‘injak pedal kopling’ ini. Apalagi transmisi otomatis Celerio pakai jenis CVT, yang halus dalam menghantarkan tenaga ke roda. Kabarnya, Renault Kwid otomatis akan diluncurkan tahun ini. Kita tunggu saja.

Rentang harga
Suzuki Celerio dijual dalam dua tipe, GX MT dan GX AT sebagai tipe termahal. GX MT dijual seharga Rp 155 juta, sedangkan GX AT dibanderol Rp 167 juta.

Renault Kwid hanya tersedia dalam 1 pilihan, yaitu 1.0L SCe. Harga jualnya amat menggoda, dengan dijual hanya seharga Rp 117,7 juta.

Renault Kwid Vs Suzuki Celerio
Renault Kwid Vs Suzuki Celerio

 

Renault Kwid Vs Suzuki Celerio
Renault Kwid Vs Suzuki Celerio


Kesimpulan

Suzuki Celerio terlihat masih lebih tangguh untuk digulingkan oleh Renault Kwid. Meski parameter paling menggoda untuk konsumen - harga, sudah diperhatikan betul oleh Renault namun Kwid nyatanya belum memuaskan kami soal mobil berkualitas. Citra khas Eropa juga tidak terasa di Renault.

Suzuki Celerio di lain pihak, memang sudah punya komposisi yang pas. Harga jualnya terlihat pantas, dengan apa yang wajib diterima konsumen di harga ini. Kenyamanan jauh lebih baik. Fitur keselamatannya juga unggul dibanding Renault Kwid.

Suzuki Celerio tidak boleh lengah. Harga jual murah seperti Renault Kwid, selalu punya magnet khusus di mata calon konsumen Indonesia. Jika boleh sumbang saran, sebaiknya segera permanis tampilan Celerio. Tingkatkan pula fitur hiburan di Celerio.

 

Peringkat Akhir

1. Suzuki Celerio GX MT
+: Bantingan suspensi, kabin lega, rem ABS
-: Harga, desain eksterior, akselerasi


2. Renault Kwid 1.0L SCe
+: Harga, handling, fitur head unit
-: Peredaman kabin, kualitas interior, citra merek

 

362/44-49(8-21Mar17)

Komentar