AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

  • Nissan Grand Livina HWS XV CVT

    Foto : Arizona Sudiro

Menguji Nissan Grand Livina HWS XV CVT Terbaru

First Opinion
Tampilannya yang menyerupai versi Autech mampu mengangkat citranya sebagai varian yang mewah. Sayangnya Nissan hanya melakukan ubahan kecil demi menjaga konsistensinya di pasar compact MPV. Sementara para rivalnya kini tengah sibuk memasarkan mobil dengan tampilan serta fitur yang terbilang fresh.


Sekilas Pandang
- Grand Livina memiliki total 9 varian termasuk SV, XV, Highway Star, Autech dan X-Gear
- Tersedia dalam 6 pilihan warna

Compact MPV masih menjadi kelas yang ‘panas’ untuk pasar mobil di Indonesia. Tak heran setiap Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba menghadirkan mobil terbaik di kelas ini demi mendapatkan ‘jatah’ di pasar yang sangat besar penjualannya.

Termasuk juga PT Nissan Mobil Indonesia (NMI) yang akhir tahun lalu menghadirkan varian baru dari keluarga Grand Livina.

Pertama kali diluncurkan tahun 2007, sudah lebih dari 208 ribu unit Grand Livina yang beredar di Tanah Air. Melihat siklusnya, sangat wajar kalau tahun ini seharusnya Grand Livina sudah mendapatkan penyegaran menyeluruh. Bukan hanya sekadar facelift seperti yang sedang kami test kali ini.

NMI menyebut mobil ini dengan Grand Livina HWS XV CVT model year 2016. Varian ini melengkapi lini produk Grand Livina menjadi 9 pilihan mulai dari yang terendah SV, XV, HWS Autech hingga X-Gear untuk varian tertinggi.

Sejatinya varian ini hadir sebagai bentuk pelengkap antara varian HWS Autech dengan varian XV. Varian pengisi celah ini terlihat dari bentuk eksterior yang didesain setara varian HWS Autech, namun memiliki fitur-fitur mengikuti versi XV.

Bumper depan yang menggunakan paket body kit keluaran Autech mampu mengangkat citra Grand Livina semakin mewah. Adapun di bagian samping hingga buritan belakang, dikemas secara elegan berkat aksen spion yang dilengkapi lampu isyarat belok, side skirt serta spoiler belakang.

Demi mendukung mobilitas yang lebih optimal, Nissan nampak masih percaya diri dengan mesin HR15DE 1.498 cc 16 valve DOHC. Jantung pacu ini memiliki teknologi dual injector dan Twin VCT (Variable-valve Timing Control) yang terletak di bagian intake dan exhaust.

Mesin berkonfigurasi 4 silinder ini mampu menyemburkan tenaga hingga 109 dk serta torsi maksimal di angka 143 Nm.

Alhasil, kombinasi mesin serta XTRONIC CVT ketika diajak berakselerasi belum mengalami peningkatan dibanding tipe XV. Ia masih membutuhkan waktu 13,6 detik untuk sprint dari berhenti hingga kecepatan 100 km/jam.

Begitu juga dengan konsumsi bahan bakar yang masih sama seperti tipe XV. Untuk rute dalam kota, setiap liter bahan bakar bisa membawa Grand Livina HWS XV ini melaju sejauh 13,2 km. Sedangkan tingkat konsumsi bahan bakar di rute jalan tol ada di angka 18,2 km/l.

Pun begitu dengan konstruksi kaki-kaki. Lingkar roda berukuran 15 inci dipadu ban berukuran 185/65 R15 membuat rasa berkendara tidak berbeda dibanding tipe XV. Tetap fun to drive untuk ukuran mobil Low MPV.

Paduan suspensi McPherson strut di depan serta torsion beam di belakang memberikan kenyamanan kala melewati jalan bergelombang.

Untungnya, Nissan menyematkan head unit baru berlayar sentuh ukuran 7 inci yang dilengkapi fitur Bluetooth hingga mirroring system. Setidaknya, bisa memanjakan pengemudi serta penumpang selama perjalanan.

 

 

359/34-35(25Jan-7Feb17)

Komentar