AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Calya E MT

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

  • Toyota Calya E MT

    Foto :

Menguji Toyota Calya E MT

First Opinion
Bisa dikatakan perbedaan signifikan antara tipe E dan G pada Calya hanyalah tampilannya. Fitur, terutama yang terkait dengan aspek keselamatan bisa disebut setara. Selisih Rp 5,55 juta dengan G MT dan Rp 17,55 juta dengan G AT menjadi tidak signifikan dibanding value yang di dapat.


Sekilas Pandang
- Varian E juga tersedia dengan pilihan transmisi otomatis
- Terdapat 6 pilihan warna: Red, Black, Silver Mica Metallic, White, Orange Metallic, Grey Metallic

Calya, sang LCGC 7 penumpang besutan Toyota hadir dalam 2 varian tipe. G dan E. Jika G adalah flagship, maka E hadir dengan tampilan yang lebih sederhana karena dihargai lebih murah.

Kami pun tertantang untuk mengulas Calya E, karena unit ini berbeda dengan trim terendah pada umumnya. Biasanya pabrikan mobil menyediakan harga murah pada trim terendah dengan konsekuensi mobil tersebut menjadi down specification.

Namun nyatanya tidak untuk Calya E. Meski harganya relatif terjangkau, tapi tak banyak kelengkapannya yang berkurang dibandingkan dengan tipe tertingginya, yaitu Calya G.

Agar lebih spesifik, kami membandingkan tipe G yang sama-sama bertransmisi manual dengan Calya E ini yang juga bertransmisi manual.

Dimulai dari bagian eksterior. Tidak banyak ubahan yang diberikan pada Toyota kepada tipe terendahnya ini. Jelas terlihat absennya penggunaan foglamp pada tipe termurahnya Calya. Agar terlihat rapi, lubang yang menjadi tempat foglamp itu ditutup dengan bahan plastik berwarna hitam.

Jika pada Calya tipe tertinggi tubuhnya dibalut dengan hiasan aksen krom, tapi tidak untuk versi termurahnya. Calya E MT terlihat lebih sederhana, karena bagian lower grille depan dan belakang hanya menggunakan warna asli dari bahan plastik itu, yaitu hitam.

Informasi lainnya, lampu sein tambahan yang diletak pada spion juga tidak disediakan pada Calya termurah ini.

Kabar baiknya, pihak Toyota tidak memberikan hal yang berbeda pada bagian roda. Ia tetap menggunakan pelek berdesain palang 8 two tone berukuran 14 inci yang serupa dengan varian tertingginya.

Lantas bagaimana dengan interiornya? Pada tipe termurahnya head unit yang digunakan tidak menyediakan fitur konektivitas Bluetooth yang berguna untuk menghubungkan ke gadget.

Kemudian perbedaan juga hadir pada warna pada komponen di interior. Jika pada tipe G, setir memiliki aksen aluminium berpadu hitam, maka di tipe E hanya hitam (monotone). Pola seperti ini juga ada pada tuas rem parkir.

Menariknya, dengan membeli Calya E MT Anda tetap bisa menikmati fitur keamanan dan keselamatan. Seperti ABS, dual airbags, seat belt 3 titik, ISOFIX dan kunci yang telah terintegrasi dengan teknologi Immobilizer tetap disediakan sebagai kelengkapan standar.

Begitu juga dengan kenyamanan yang menunjang pengemudi dan penumpang, tetap tersedia pada Calya E MT. Terlihat pada kehadiran Rear Air Circulator, armrest dan headrest pada setiap bangku.

Mesin sama yaitu menggunakan unit berkode 3NR-FE. Karena ia menggunakan transmisi manual, ia diuntungkan dengan lebih sedikitnya powerloss yang hadir dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Dampaknya tentu saja Calya bertransmisi manual terasa lebih cekatan dalam berakselerasi dan mampu mengolah bahan bakar lebih baik. Informasi tambahan untuk Anda, bahwa Calya bertransmisi manual lebih ringan 25 kg dari versi transmisi otomatisnya.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah Calya E MT sudah sesuai untuk menjadi kendaraan untuk memenuhi kebutuhan Anda?

 

357/26-27(28Des-10Jan16)

Komentar

Berita Terkait

bisnis

Sabtu, 17 Desember 2016

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Diakui Ganggu Penjualan Datsun

Sejak kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada Agustus lalu diakui ganggu penjualan Datsun dan membuat target penjualan tidak tercapat. Meski begitu Datsun Indonesia tetap optimis bahwa pasar low cost green car (LCGC) masih punya potensi besar

bisnis

Selasa, 6 Desember 2016

Penjualan Datsun GO Turun Drastis Karena Toyota Calya dan Daihatsu Sigra?

Penjualan Datsun GO turun drastis karena Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Prediksi kami, penjualan Datsun GO akan terganggu akibat meluncurnya duet LCGC 7 penumpang, Calya Sigra. Benarkah?

special-test

Senin, 5 Desember 2016

Komparasi Spesifikasi Toyota Calya VS Toyota Avanza Transmover

Tanpa seremoni yang meriah, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi menjual varian termurah dari basis Toyota Avanza yakni Transmover. Sama-sama berpredikat mobil murah, inilah komparasi spesifikasi Toyota Calya VS Toyota Avanza Transmover

knowledge

Senin, 5 Desember 2016

Pilih Mana, Toyota Avanza Transmover atau Toyota Calya?

Belum ada setahun peluncuran Toyota Calya yang didapuk sebagai mobil murah, PT Toyota Astra Motor kini meluncurkan varian mobil murah dari basis Toyota Avanza bernama Transmover. Lantas pilih mana, Toyota Avanza Transmover atau Toyota Calya?

umum

Rabu, 23 November 2016

Toyota Calya Bisa Susul Penjualan Toyota Avanza

Selama ini Toyota Avanza mendapat julukan “mobil sejuta umat” karena penjualannya yang mendominasi di Indonesia. Toyota Calya pun bisa susul penjualan Toyota Avanza.

bisnis

Rabu, 23 November 2016

Penjualan Toyota Calya Dekati Toyota Avanza

Sejak kehadirannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, penjualan Toyota Calya terus tumbuh. Ternyata penjualan Toyota Calya mulai mendekati Toyota Avanza sebagai MPV andalan selama ini.

special-test

Rabu, 23 November 2016

Perbandingan Akselerasi Daihatsu Sigra Kondisi Kosong dan Beban Penuh

Inilah perbandingan akselerasi Daihatsu Sigra kondisi kosong dan beban penuh. Sebagai sebuah LCGC 7 penumpang, Daihatsu Sigra harus bisa menampung beban berat

knowledge

Rabu, 23 November 2016

Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Sigra Kondisi Kosong dan Beban Penuh

Berikut adalah perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Sigra kondisi kosong dan beban penuh. Sebagai sebuah LCGC 7 penumpang, Daihatsu Sigra harus bisa menampung beban berat

knowledge

Sabtu, 12 November 2016

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Buat Harga Mobil Bekas Turun

Hadirnya duet LCGC 7 penumpang, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, ternyata berimbas pada penjualan mobil bekas. Ternyata Toyota Calya dan Daihatsu Sigra buat harga mobil bekas turun