AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

  • Proton Iriz 1.3 Standard MT

    Foto : Rusli Ilfan

Proton Iriz 1.3 Standard MT Punya Performa yang Lebih Menyenangkan

First Opinion
Versi manual Proton Iriz dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memprioritaskan performa. Dengan catatan Anda harus siap bila kenyamanan kaki kiri terusik saat menghadapi macet.


Sekilas Pandang
- Hanya dijual dalam 2 pilihan tipe yaitu 1.3 Standard MT dan 1.3 Standard CVT
- Versi manual tidak dilengkapi fitur Hill Descent Control
- Terdapat 7 pilihan warna dan Atlantic Blue sebagai warna yang dijuarakan Proton

Anda mungkin geram dengan kemacetan yang menjadi hal lumrah di sejumlah kota besar di Indonesia. Khususnya pada jam-jam sibuk, tentu mobil bertransmisi otomatis jadi pilihan terbaik.

Namun, dalam realitanya, kegiatan shifting dan respons alami dari transmisi manual masih memberikan cita rasa tersendiri bagi sejumlah orang. Hal lain, harga jual mobil bertransmisi manual yang lebih murah dibanding dengan tipe otomatis pun jadi faktor seseorang lebih memilih membeli mobil manual. Pun begitu dengan perpindahan tenaga lebih responsif menjadi salah satu keunggulannya.

Setelah mengupas secara tuntas impresi dan performa dari Proton Iriz CVT, kini kami langsung saja beralih ke versi manualnya guna mengetahui rasa dan kemampuannya.

Secara tampilan, tidak ada perbedaan mencolok dari segi desain antara versi matik dengan versi manual Iriz, selain pada tuas transmisi tentunya.

Sekarang kita rasakan sensasinya. Setelah menyalakan mesin, kopling kami injak dan gigi 1 kami masukkan. Pada tahap ini sudah terbaca keasyikkannya. Pedal kopling yang terasa enteng, pun begitu dengan tuas transmisi yang terasa begitu pasti ketika kami pindah-pindahkan. Sayangnya, posisi tuas transmisi agak tinggi sehingga membuat tangan pengemudi terasa menggantung.

Meski tidak senyaman transmisi otomatis, tapi bobot pedal kopling yang ringan cukup membantu saat berjalan dengan posisi setengah kopling waktu macet.

Dengan cara seperti ini, Iriz bisa merayap perlahan tanpa harus menginjak pedal gas. Cara ini juga yang membuatnya mampu meraih efisiensi sebesar 14,9 km/l. Hasil ini lebih irit dibanding versi matiknya yang hanya menorehkan 12,3 km/l. Hasil ini tak lepas berkat kerja mesin yang tak pernah meraung melebihi 2.000 rpm ketika macet.

Urusan tenaga, mesin berkapasitas 1.332 cc 4 silinder yang mampu menggelontorkan tenaga hingga 94 dk dan torsi 120 Nm dirasa mumpuni. Tenaganya mengalir linear dari putaran mesin bawah hingga sedang.

Untuk perjalanan dalam kota, tenaga Iriz manual cukup bersahabat untuk dikendarai. Apalagi dengan karakter bantingan suspensinya yang mampu melahap gelombang-gelombang jalan rusak dengan baik, walau guncangan tetap terasa tapi redaman dari suspensi membuat orang di dalam kabin tak begitu terguncang.

Untuk urusan handling, memang karakter stir dari Iriz terbilang ringan, positifnya ini memudahkan Anda ketika bermanuver di kemacetan. Namun, beberapa koreksi perlu dilakukan pengemudi imbas handling-nya yang kurang tajam. Bannya yang terbilang ramping juga turut membuat pengendalian terasa limbung saat menikung tajam.

Set suspensi empuknya pun menciptakan body roll ketika Anda memutar stir secara mendadak.

Iriz manual ini terbilang cekatan di putaran bawah, ketika menghadapi kondisi padat lalu lintas pun kami tidak menemui masalah berarti. Ia cukup sigap mengatasi kondisi ‘stop and go’ Ibukota yang intensitasnya terbilang tinggi.

Sementara untuk konsumsi rute tol, Iriz manual yang mampu cruising di kecepatan 100 km/jam pada 2.900 rpm menorehkan hasil 19,3 km/l pada kecepatan rata-rata 80 km/jam. Hasil ini lebih baik dibanding versi matiknya yang mengunci di 18,8 km/l.

Bila Anda tidak masalah dengan kemacetan lalu lintas, serta memprioritaskan performa dan harga yang lebih bersahabat, tipe manual tentu jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, untuk akselerasi pun ia tampil lebih baik dengan 12,4 detik menembus 0-100 km/jam. Lebih cepat 0,7 detik dari versi matiknya 13,1 detik.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari Iriz adalah ia merupakan mobil dengan fitur keselamatan paling lengkap di kelasnya. Iriz telah dilengkapi dengan traction control. Bahkan Hill Start Assist pun sudah tersedia, fitur ini membuat Anda tidak perlu khawatir saat menanjak. Dengan harga Rp 175 jutaan, Anda akan membawa pulang mobil dengan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya.

 

 

364/34-35(5-18Apl2017)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Selasa, 8 November 2016

Proton Iriz Akan Meluncur di Indonesia Pada Juni 2017

PT Proton Edar Indonesia akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia di akhir semester 1 tahun 2017. Proton Iriz sudah berhasil melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian

umum

Rabu, 9 November 2016

Proton Indonesia Siap Bawa 4 Model Baru di 2017

Proton akan membuktikan bahwa perusahaannya tidak akan hengkang dari Indonesia di tahun 2017. Proton Indonesia siap bawa 4 model baru di 2017

umum

Selasa, 1 November 2016

Cuci Gudang, Proton Exora Diskon Sampai Dengan Rp 80 Jutaan

Kabar gembira bagi Anda yang ini membeli mobil baru dengan harga kompetitif. Tawaran cukup menggiurkan hadir dari Proton. Bayangkan saja, Proton Exora diskon sampai dengan Rp 80 jutaan

first-drive

Selasa, 29 November 2016

Proton Ertiga Mengandalkan Mesin Buatan Indonesia

Untuk dapur pacu, Proton Ertiga menggunakan mesin buatan pabrik Suzuki di Cikarang,Jawa Barat. Sehingga Proton Ertiga mengandalkan mesin buatan Indonesia untuk urusan performanya.

first-impresion

Selasa, 29 November 2016

Proton Meluncurkan Proton Ertiga di Malaysia

Proton meluncurkan Proton Ertiga di Malaysia, Kamis(24/11). MPV ini adalah rebadge dari Suzuki Ertiga untuk Malaysia. Mobil ini adalah hasil kerjasama Proton dan Suzuki.

mobil-baru

Selasa, 8 November 2016

Proton Iriz Akan Meluncur di Indonesia Pada Juni 2017

PT Proton Edar Indonesia akan menghadirkan Proton Iriz di Indonesia di akhir semester 1 tahun 2017. Proton Iriz sudah berhasil melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian

mobil-baru

Jumat, 16 September 2016

Proton Iriz Siap Jadi Rival Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Segmen Small Hatchback bisa jadi bakal kehadiran pemain baru asal Malaysia, yaitu Proton Iriz. Prediksi ini didasari munculnya kembali nama calon rival Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, dan Honda Brio di Indonesia itu pada daftar TPT

bisnis

Jumat, 16 September 2016

Perkiraan Harga Proton Iriz di Indonesia

Apabila benar akan beredar di Indonesia, tentunya Proton Iriz menjadi opsi hatcback terjangkau. Inilah perkiraan harga Proton Iriz di Indonesia

first-impresion

Jumat, 16 September 2016

Fitur Andalan Proton Iriz Siap Lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia

Masuk dalam kategori small hatchback, Proton Iriz punya sejumlah fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Bermodalkan fitur andalan ini, Proton Iriz siap lawan Honda Brio dan Daihatsu Sirion di Indonesia