AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

  • Mazda CX-3 Grand Touring

    Foto : Rusli Ilfan

Test Drive Mazda CX-3 Grand Touring

First Opinion
Mazda CX-3 menawarkan berbagai hal baik untuk Anda yang gemar dan menikmati setiap perjalanan dengan mengemudi. Ia juga mengusung desain yang istimewa saat bersanding dengan kompetitornya. Pun begitu soal kelengkapan fitur yang diusung. Sayangnya harga masih menjadi polemik saat dibandingkan dengan lawan sekelasnya.


Sekilas Pandang
- Tersedia juga tipe CX-3 Touring yang dibanderol Rp 388 juta
- Warna Soul Red dikenai biaya tambahan sebesar Rp 3 juta
- Sudah dijual secara resmi oleh PT Eurokars Motor Indonesia

Terlambat? Ya! Karena jika diingat kembali saat pertama Honda HR-V diluncurkan adalah tahun 2014 silam dan kemudian diikuti kompetitor lainnya. Awalnya kami mengira CX-3 akan diluncurkan di waktu yang berdekatan, ternyata dugaan kami melenceng karena baru tiga tahun kemudian Mazda secara resmi merilis CX-3 di pasar Indonesia.

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Mungkin ini frase yang tepat untuk CX-3. Kehadirannya di Tanah Air membawa sejumlah berita baik meski dengan sedikit berita buruk. Mari kita mulai dengan mendengar berita baiknya dulu.

Sesuai dengan dugaan kami, Mazda memboyong CX-3 ke Indonesia dengan fitur yang sangat kaya. Sebut saja seperti sunroof, Blind Spot Monitoring, Adaptive LED Headlights, Lane Departure Warning System, Head-up display, MZD Connect, Smart City Brake Support, hingga G-Vectoring Control yang merupakan teknologi terbaru dari Mazda.

Uniknya lagi, saat berbagai pabrikan berusaha untuk merampingkan kapasitas mesin untuk efisiensi, Mazda justru melengkapi CX-3 dengan mesin SKYACTIV-G 1.998 cc dan menjadi mesin berkapasitas terbesar di kelasnya. Tenaga yang dapat dihasilkan dari jantung mekanis itu mencapai 148 dk dan torsi 192 Nm. Soal lontaran tenaga ia memang lebih besar 8 dk dari Chevrolet Trax yang disokong turbo, namun jumlah torsinya harus lebih kecil 8 Nm.

Berkat mesin ini, Mazda CX-3 mampu menuntaskan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 9,6 detik. Lebih cepat 1 detik dari Mazda2 yang berbagi platform dengannya.

Mengejutkan kami adalah konsumsi bahan bakarnya. Semula kami menduga ia akan cukup boros mengingat kapasitas mesinnya yang besar. Ternyata dugaan kami salah, ia justru dapat berjalan sejauh 13,15 km/l untuk rute dalam kota dan 19,2 km/l di rute tol. Menakjubkan!

Sementara itu, hal baik lainnya berasal dari kesenangan mengemudi yang diberikan CX-3. Menganut filosofi Mazda Jinbai Ittai, yang berarti perasaan dimana mobil menjadi kepanjangan dari tubuh pengemudinya tercermin betul pada rasa berkendara CX-3.

Kemudinya begitu akurat, minim body roll, ditunjang respons mesin yang instan, dan perpindahan transmisi otomatis 6 percepatan via paddle-shift yang terasa sangat menyenangkan saat berada di mode Sport.

Ia terasa tanpa cela sebagai sebuah SUV kompak yang akan lebih banyak berkeliling kota ketimbang perjalanan jauh. Sayangnya tidak ada yang sempurna dan menuntun kami ke bagian buruknya.

Pertama adalah konsekuensi dari setelan suspensi yang kaku untuk mendapatkan pengendalian sebaik itu. Ia jadi terasa kurang nyaman saat harus melewati jalan berkontur buruk.

Kedua, soal ruang kabin yang begitu sempit. Secara kasat mata dimensinya memang terasa lebih pendek dan mungil dari kompetitornya. Hal ini harus berefek pada ruang yang terbatas di kabin baris kedua dan kapasitas bagasi yang terpangkas karena desain overhang pendek.

Masalah ketiga adalah harga jual yang terlampau tinggi untuk mobil sekelasnya. Mazda CX-3 Grand Touring seperti unit tes kami, dijual seharga Rp 435 juta. Angka ini bahkan mendekati mobil-mobil yang berada di kelas Medium Sedan, Medium SUV, Medium MPV, bahkan Big SUV semacam Chevrolet Trailblazer.

 

 

370/34-37(28Jun-11Jul)

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Rabu, 20 Juli 2016

Mazda CX-3 Bagaikan Mazda2 Berwujud SUV

Mazda CX-3 bagaikan Mazda2 berwujud SUV. Ya, berbagi platform dengan si hatchback Mazda2 membuat CX-3 yang SUV memiliki tampang yang sangat mirip

umum

Kamis, 24 November 2016

Mazda Indonesia Benarkan Sedang Uji Tipe Mazda CX-3 Untuk Pasar Indonesia

Setelah ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mulai melakukan uji tipe di Kementerian Perindustrian. Pihak Mazda Indonesia membenarkan sedang uji tipe Mazda CX-3 untuk pasar Indonesia

bisnis

Rabu, 20 Juli 2016

Berapa Harga Mazda CX-3 di Indonesia?

Berapa harga Mazda CX-3 di Indonesia? Soal harga, selama belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak APM maka akan menjadi hal yang sangat prediktif. Begitu juga dengan harga jual Mazda CX-3

umum

Kamis, 21 Juli 2016

Komparasi Harga Mazda CX-3 VS Honda HR-V 1.8 di Indonesia

Seharusnya ajang GIIAS 2016 bulan Agustus 2016 nanti ia bisa saja hadir. Meski begitu, komparasi harga Mazda CX-3 vs Honda HR-V 1.8 bisa diprediksi. Inilah komparasi harga Mazda CX-3 vs Honda HR-V 1.8 di Indonesia

umum

Rabu, 29 Juni 2016

Mencoba Mazda CX-3 Terbaru di Laos dan Vietnam

Perjalanan Mazda SKYACTIV ASEAN CARAVAN adalah antar negara. Tepatnya Thailand-Laos dan berakhir di Vietnam (28/6). Dan akhirnya, Auto Bild mencoba Mazda CX-3 terbaru di Laos dan Vietnam

umum

Selasa, 28 Juni 2016

Tes Mazda Melibas 3 Negara ASEAN

Dengan tajuk Mazda SKYACTIV ASEAN Caravan, para jurnalis dari Asia Tenggara termasuk Auto Bild diajak mengendarai lini produk Mazda melintasi 3 negara yakni Thailand, Laos dan Vietnam

first-drive

Rabu, 20 Juli 2016

Mencoba Mazda CX-3 Calon Lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia

Auto Bild mencoba Mazda CX-3 calon lawan Honda HR-V dan Chevrolet Trax di Indonesia. Jika benar dugaan kami, sepertinya Mazda CX-3 tak lama lagi akan hadir tahun ini di Indonesia

first-impresion

Kamis, 11 Agustus 2016

Mazda CX-3 Tampil di GIIAS 2016

Di ajang GIIAS 2016 PT Mazda Motor Indonesia (MMI) masih mengandalkan Mazda 2, Mazda 6, Mazda CX-5 dan Mazda Biante. Meski begitu, terdapat juga memberi kejutan yakni Mazda CX-3 tampil di GIIAS 2016

first-impresion

Senin, 23 Mei 2016

Mazda CX-4 Siap Temani Mazda CX-3 dan Mazda CX-5

Di lantai pameran Frankfrut Motor Show 2015 lalu, Mazda pernah menghadirkan Koeru Concept. Berangkat dari konsep itu, Mazda siap menghadirkan penantang baru. Sambutlah Mazda CX-4 yang siap temani Mazda CX-3 dan Mazda CX-5

special-test

Kamis, 21 Juli 2016

Adu Spesifikasi Mesin Mazda CX-3 VS Honda HR-V 1.8 di Indonesia

Sebagai lawan terkuat dari Honda HR-V, kami adu spesifikasi mesin Mazda CX-3 VS Honda HR-V 1.8 di Indonesia yang mempunyai spesifikasi sekelas

knowledge

Kamis, 24 November 2016

Ada Tiga Varian Mazda CX-3 Yang Akan Dijual di Indonesia

Mazda CX-3 telah masuk tahap pengujian di Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor, Kementerian Perindustrian. Dari website TPT-Kemenperin, ada tiga varian Mazda CX-3 yang akan dijual di Indonesia nantinya

knowledge

Rabu, 20 Juli 2016

Mazda CX-3, Calon SUV Paling Bertenaga di Kelasnya

Umumnya mobil-mobil di kelas Compact SUV di Indonesia menggunakan mesin 1.500 cc. Nah, kalau Mazda CX-3 masuk, ia bakal jadi calon SUV paling bertenaga di kelasnya

knowledge

Sabtu, 15 April 2017

Mazda Memulai Era GVC

knowledge

Sabtu, 15 April 2017

Model Terbaru Mazda