AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

  • Toyota Corolla Altis 1.8 V

    Foto : Arizona Sudiro

Test Drive Toyota Corolla Altis 1.8V AT

First Opinion
Ubahan yang dilakukan pada bagian eksterior dan interior memang mampu memberikan kesan berbeda pada Altis terbaru. Sayangnya, tidak adanya ubahan yang signifikan di sektor mesin membuatnya sulit bersaing dengan Civic Turbo. Untungnya pada tipe V kini disematkan fitur Sport Drive. Setidaknya bisa memberikan sensasi berbeda ketika berkendara.


Sekilas Pandang
- Terdapat pilihan transmisi manual pada varian G
- Transmisi CVT hanya tersedia di tipe V
- Tersedia pilihan warna baru yakni Phantom Brown

Demi melanjutkan eksistensi Corolla di Indonesia, PT Toyota Astra Motor tetap menghadirkan Corolla Altis terbaru di Tanah Air. Padahal, kita sama-sama tahu kalau penjualan mobil di segmen medium sedan cukup sulit.

Untungnya, mobil yang diimpor dari Thailand ini banyak menjadi standar mobil di perusahaan-perusahaan atau bahkan institusi pemerintahan. Sehingga, seperti ada kewajiban Toyota untuk tetap menghadirkan model terbarunya.

Bisa dibilang, facelift yang dilakukan Toyota terhadap Corolla Altis ini merupakan perlawanan balik terhadap Honda Civic turbo yang pada April 2016 lalu sudah menghadirkan model yang benar-benar baru. Apakah Corolla Altis anyar ini mampu menjawab tantangan Honda Civic yang sudah aplikasi turbo pada mesinnya?

Kendati melakukan beberapa ubahan pada bagian eksterior dan juga interior yang kalau ditotal ada 16 ubahan, sayangnya pada sektor mesin Corolla Altis tidak mendapat ubahan apapun.

Mesin 2ZR-FE yang memiliki kapasitas 1.798 cc ini masih tetap menghasilkan tenaga 151 dk dan torsi maksimal di angka 194 Nm pada putaran 4.000 rpm. Penyaluran tenaganya pun masih tetap mengandalkan Continuously Variable Transmission (CVT) yang dilengkapi mode manual virtual 7 percepatan ke roda depan.

Namun, satu hal yang menarik adalah, Corolla Altis kini telah disematkan fitur Sport Drive. Mode berkendara ini hanya tersedia di tipe V.

Penggunaan Sport Drive ini faktanya cukup berpengaruh terhadap catatan waktu akselerasi. Cukup tekan tombol Sport yang ada di konsol tengah dekat tuas transmisi, akselerasi Altis langsung melesat ke angka 11 detik ketika diajak sprint 0-100 km/jam. Catatan waktu ini membaik 0,6 detik dibanding Altis sebelumnya yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014.

Memang, figur ini belum bisa melawan Civic yang mampu berakselerasi dari berhenti hingga kecepatan 100 km/jam dalam tempo 7,7 detik saja. Semoga, generasi berikutnya dari Corolla akan disematkan teknologi turbo sehingga bisa menjadi lawan sepadan Civic Turbo.

Bicara konsumsi bahan bakar, memang ada sedikit perbedaan dibandingkan Altis sebelumnya walau tidak terlalu signifikan. Ketika digunakan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, Altis masih bisa menghasilkan catatan 12,2 km/l. Sedangkan rute tol, setiap liter bahan bakarnya bisa membawa mobil ini sejauh 20,7 km.

Ada satu hal lagi yang menurut kami cukup penting diulas, yakni soal konstruksi kaki-kakinya. Dari yang kami rasakan, karakter bantingan suspensi Altis cukup keras. Ditambah lagi, Altis menggunakan ukuran ban yang cukup tipis yakni 215/45 R17. Alhasil, kenyamanan penumpang pun cukup terganggu ketika melintas di jalan berlubang.

Namun, karakter suspensi yang kaku tersebut membuat handling Altis menjadi lebih tajam. Tapi tetap saja, kesenangan berkendara tidak terlalu impresif. Tidak seperti MINI, misalnya, yang punya karakter ‘Go-kart Feeling’ namun diikuti sokongan mesin yang mumpuni sehingga sangat fun to drive.

Bila saja dengan karakter suspensi yang ada saat ini, ditambah Altis mengusung mesin yang lebih mumpuni, maka ia akan menjadi lawan tangguh buat Civic Turbo.

 

362/34-35(8-21MAr17)

Komentar

Berita Terkait

umum

Senin, 26 September 2016

Toyota Luncurkan Gambar Toyota Corolla Edisi 50 Tahun

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50, Toyota luncurkan gambar Toyota Corolla edisi 50 tahun yang rencananya akan dijual tahun depan. Sebagai edisi spesial, rencananya unit ini akan dijual secara terbatas sehingga mempunyai nilai eksklusif