AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Modifikasi Lampu

Foto : Yaya Madjan

Awas! Ganti Lampu Bisa Bikin Aki Tekor



Lampu sering disalah artikan oleh para pengendara lain sebagai sebuah fashion. Dengan mengganti lampu (HID) berwarna biru, ungu, atau hijau dianggap dapat membuat mobil lebih menarik. Padahal itu kurang tepat, karena kebanyakan nyala lampu tersebut malah mengganggu pengendara lainnya. Selain itu, penggantian lampu juga bisa bikin aki tekor.

Menurut Rifat Sungkar selaku Brand Ambasador OSRAM, yang menyatakan, “saat ingin mengganti lampu sebaiknya disesuaikan watt-nya. Jangan karena ingin mengganti lampu yang lebih terang, pakai lampu dengan watt melebihi kapasitas aki sehingga sangat berpotensi membuat aki menjadi tekor.”

“Kalau mobil harian umumnya pakai lampu dengan watt 45-50. Kalau mobil saya sih, untuk balapan ya butuh lampu yang lebih terang, bisa 100-120 watt. Intinya, mau ganti dan pakai lampu harus sesuai dengan kebutuhan,” tambah rifat.

Hal senada juga diungkapkan oleh ASEAN Brand Manager OSRAM, Febry Aditya Perdhana yang megungkapkan, “bukan hanya membuat aki tekor saja, tapi rumah lampu bisa meleleh dan akhirnya terbakar. Untuk itu, kami hadirkan solusi bagi Anda yang ingin lampu terang tapi tidak membuat aki tekor. Dengan lampu OSRAM NBR Laser ini Anda akan mendapatkan lampu berperforma tinggi dengan harga yang terjangkau.”

 

Komentar