AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Biaya Ganti Headunit Dengan Fitur CarPlay

Biaya Ganti Headunit Dengan Fitur CarPlay

Tidak banyak mobil keluaran pabrikan yang mengaplikasi fitur ini kecuali Chevrolet Trax maupun Captiva terbaru. Tapi jangan khawatir karena sekarang ada produk aftermarket. Inilah biaya ganti headunit dengan fitur carPlay

Anda pemilik mobil baru mungkin masih awam dengan headunit berfitur CarPlay. Pasalnya saat ini, tidak banyak mobil keluaran pabrikan yang mengaplikasi fitur ini kecuali Chevrolet Trax maupun Captiva terbaru. Tapi jangan khawatir karena sekarang ada produk aftermarket. Inilah biaya ganti headunit dengan fitur carPlay.

“CarPlay itu basicnya aplikasi langsung dari iOS, jadi untuk mengaktifkannya hanya perlu menghubungkan kabel USB original iPhone atau iPod maka otomatis CarPlay sudah bisa kita nikmati tanpa perlu download aplikasi apapun lagi," ujar Edy Susanto, instalatur Cartenz Audio.

Proses transfer menu CarPlay dari iPhone atau iPod ini yang sering disalah artikan sebagai proses mirroring. Padahal aplikasi CarPlay yang tampil di layar monitor bukanlah seluruh menu yang ada di iPhone pengguna. Melainkan menampilkan beberapa menu serta aplikasi yang sudah CarPlay ready saja.

Toh tujuan CarPlay ini ialah untuk menunjang aktifitas berkendara saja. Menunya juga terbatas. Sebut saja telepon, musik, peta navigasi, pesan, musik (now playing). Tapi bagi Anda yang tertarik, headunit berfitur CarPlay ini rupanya juga sudah bisa didapatkan

Salah satunya ialah Pioneer seri AVH-X8850BT plus bluetooth speaker seharga Rp 6,8 juta. Adapun biaya instalasi dan settingnya di Cartens dimulai dari Rp 150 ribu.

“Proses pemasangannya head unit ini sama saja. Tapi perlu diperhatikan ialah ketika head unit dengan fitur CarPlay ini hanya kompatibel dengan sistem operasi minimal iOS 7. Jadi iPhone yang digunakan ialah dari seri iPhone 5, 5C, 5S atau iPhone 6”, tutup Edy lagi.

 

Komentar