AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Bersihkan Head Unit Mobil

Foto : Akbar Keimas

Tips Bersihkan Head Unit Mobil

Sebagai media interaksi Anda dengan perangkat audio, head unit juga kudu dijaga kebersihannya. Inilah tips bersihkan head unit mobil

Sebagai media interaksi Anda dengan perangkat audio, head unit juga kudu dijaga kebersihannya. Inilah tips bersihkan head unit mobil.

Komponen car audio yang langsung berinteraksi dengan pemakai seperti head unit adalah bagian paling rentan. Menurut Khaliq Sutarno, pemilik Sound of The Car, salah satu bengkel audio mobil di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan, perawatan dari head unit ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri juga.

Bila display sudah kusam atau terselimuti debu, dapat dibersihkan dengan kain lembab, dengan dibubuhi sedikit sabun bayi.

“Perhatikan tingkat kelembutan kain yang dipakai, agar tidak menggores permukaan display yang biasanya terbuat dari plastik,” ujar Khaliq.

Ia menambahkan, untuk head unit yang memiliki layar, baik touch panel maupun tidak, cairan pembersih harus menggunakan cairan yang bebas bahan korosif, pakailah cairan pembersih atau solvent yang tidak mengandung benzene atau alkohol dengan kadar tinggi, sebab dapat membuat layar menjadi rusak atau buram.

Hindari juga penempatan parfum cair, di atas atau dekat dengan head unit. Bahan cair dari parfum sangat korosif terhadap plastik dan cat, sehingga dapat menyebabkan permukaan yang terkena menjadi rusak atau buram.

Jagalah selalu agar head unit anda tidak terkena air, karena air dapat menyebabkan kerusakan dan korosi pada sistem mekanis dan elektronis head unit.
 

348/68-69(23Agts-5Sep16)

Komentar