AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Bersihkan Power Amplifier di Mobil

Foto : Akbar Keimas

Tips Bersihkan Power Amplifier di Mobil

Sebagai perangkat audio, power amplifier juga mesti dijaga kebersihannya. Bagaimana caranya? Inilah tips bersihkan power amplifier di mobil

Sebagai perangkat audio, power amplifier juga mesti dijaga kebersihannya. Bagaimana caranya? Inilah tips bersihkan power amplifier di mobil.

Perawatan berkala juga harus dilakukan pada power amplifier Anda. Misalnya membersihkan permukaan dan heat sink, serta memeriksa koneksi antara terminal dari ampli er terhadap kabel DC dan speaker serta RCA.

“Membersihkan power amplifier, cukup dengan memakai kuas lembut dan kain yang dibubuhi sabun. Periksalah ventilasi, adanya aliran udara di sekeliling power ampli er Anda. Power amplifier harus bekerja pada suhu normal, tidak boleh terlalu panas, karena kelebihan beban pemakaian atau kurangnya aliran udara,” tukas Khaliq.

Cek pula dudukan dari power amplifier Anda, harus kokoh dan tidak terbuka terhadap sentuhan air.


PEMBACA CD/DVD

Slot CD juga rentan terhadap debu dan kotoran. Bila terjadi kesulitan memasukkan atau mengeluarkan CD/DVD, menurut Khaliq, ini dikarenakan bertumpuknya deposit kotoran pada sistem mekanisnya.

Hal ini dapat diatasi dengan membersihkan bagian luarnya dengan memakai kuas lembut, atau kompresor angin dengan tekanan rendah.

Sementara untuk membersihkan optiknya, bisa memakai sistem pembersih yang berupa CD pembersih dan cairannya. Piringan CD ini berbentuk unik karena dilengkapi kuas mungil di bodinya. Tujuannya jelas, menyeka kotoran yang menempel di optik.
 

348/68-69(23Agts-5Sep16)

Komentar