AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Bersihkan Speaker dan Subwoofer Mobil

Foto : Akbar Keimas

Tips Bersihkan Speaker dan Subwoofer Mobil

Inilah tips bersihkan speaker dan subwoofer mobil. Seperti apa caranya?

Inilah tips bersihkan speaker dan subwoofer mobil. Seperti apa caranya?

Speaker yang menempel di pintu biasanya mudah dihinggapi kotoran dan debu. Apalagi kalau karet pintunya tidak rapat, maka air hujan atau udara lembab bisa membuat speaker berkerak. Karena itu, lis karet di pintu pun sebaiknya diperhatikan dalam upaya menjaga kebersihan speaker audio mobil.

Sebagai perangkat reproduksi suara, kondisi prima dari speaker dan subwoofer dibutuhkan untuk menjamin suara yang jernih dan bebas distorsi.

Cara mudah membersihkannya, dapat dilakukan sendiri untuk speaker yang fisiknya terlihat. Akan tetapi, untuk speaker yang telah terpasang di dalam door panel atau tempat yang sulit dijangkau, memerlukan keahlian instalatur Anda.

“Material pembuat cone dan surround speaker terdiri dari bermacam bahan dan cara perawatan atau membersihkannya spesifik, sesuai dengan bahannya,” ujar Khaliq.

Sikat kotoran membandel secara hati-hatiGunakan cairan pembersih untuk merontokan kotoranGunakan tekanan udara rendah untuk menghilangkan debu pada speaker

Khaliq menuturkan untuk surround speaker dengan bahan butyl rubber atau karet, dapat dibersihkan memakai kain yang dibubuhi oleh sabun lembut.

Sedangkan bagian cone atau konus yang terbuat dari aluminium/metal atau polypropylene dan bahan lain seperti kevlar, dapat dibersihkan juga memakai cairan sabun, bilas dan keringkan.

“Untuk konus yang terbuat dari pressed-non pressed paper, jangan memakai air, cukup dibersihkan dengan kain lembut atau kuas. Bahan cair akan dapat membuat paper menjadi lemah dan berubah bentuk,” imbuh Khaliq.

Bila terdapat korosi atau timbunan deposit yang tidak semestinya dapat dibersihkan dengan sikat lembut, kemudian diampelas dan dipasang kembali. Treatment yang sama juga dapat diaplikasikan terhadap subwoofer
 

348/68-69(23Agts-5Sep16)

Komentar