AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Chevolet Camaro ZL1

Foto : Istimewa

Wow, Mobil Ini Punya Tenaga 1.000 dk!



Rumah modifikasi mesin dari negeri Paman Sam, Hennesey berhasil meningkatkan tenaga dari Chevrolet Camaro ZL1. Sayangnya mobil ini akan tersedia terbatas, yakni hanya 100 unit per tahun. Dan yang menghebohkan adalah mobil ini punya tenaga 1.000 dk!

Paket tuning engine Hennesey ini disebut The Exorcist, hal ini didasarkan pada versi terbaru dari mobil muscle Chevrolet. Pengaturan mesin yang radikal dan modifikasi ini memungkinkan sebuah hempasan tenaga untuk berlari 400 meter kurang dari 10 detik. Artinya, ia bakal menjadi rival serius bagi Dodge Challenger Hellcat dan Dodge Challenger Demon.

Padahal, dibawah kap mesinnnya masih menggunakan blok mesin V8 standar milik Chevrolet Camaro ZL1. Namun, modifikasi pada komponen kompresor dan intercooler system, new camshafts, cylinder head, sistem induksi dan tata letak mesin yang lebih baik. Berkat itu semua, diklaim Chevrolet Camaro ZL1 ini mampu mengail tenaga sebesar 1.000 dk dan torsi yang melecut hingga 1.310 Nm.

Artinya, ia telah jauh melampaui performa mobil standar dari Chevrolet Camaro ZL1 dengan tenaga 641 dk dan torsi 881 Nm. Untuk transmisinya, ia menawarkan manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 10 percepatan. Tenaga tersebut disalurkan ke poros roda belakang yang diklaim mampu membawanya berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo kurang dari 3 detik.

Meski kecepatan puncaknya belum diumumkan, diperkirakan kecepatannya bakal dibatasi secara elektris hingga 320 km/jam. Di negara kelahirannya, tuning Camaro ini dapat diperoleh dari Hennesey atau dipesan langsung dari dealer Chevrolet. Para penggemar mobil muscle sepertinya harus merogoh kocek dalam-dalam, pasalnya paket tuning tersebut dikenakan biaya $ 55.000 atau sekitar Rp 732 juta.

 

Komentar