AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Panduan Cuci Kolong Mobil

Foto : Triyatna Widiyadi

Habis Main Off-Road? Penting Untuk Bersihkan Bagian Kolong Mobil



Tidak bisa dipungkiri, mobil di SUV memiliki kelebihan dalam hal ground clearance kini sangat digemari oleh konsumen Indonesia. Kelebihannya inilah yang memungkinkannya untuk diajak bertualang melintasi berbagai jenis medan termasuk medan light off-road. Habis Main Off-Road? Penting untuk bersihkan bagian kolong mobil.

Jadi tak heran jika sang pemilik mobil SUV, kerap mengajak mobil kesayangannya untuk melintasi medan menantang itu. Tidak serta-merta seluruh medan off-road dapat dilintasi. Dalam kondisi mobil standar dari pabrikan, medan off-road yang dapat dilaluiya bukan off-road ekstrem.

Menjadi permalasahan sang pemilik setelah menggunakan mobilnya melintasi medan off-road. Kondisi medan off-road yang terdiri dari tanah, berbatuan, hingga lumpur tentu saja mengotori tampilan estetika kendaraan kesayangan.

Ternyata tidak semudah yang dibayangkan untuk membersihkannya. Bagian kolong menjadi tempat utama yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Pasalnya bagian kolong menjadi tempat yang paling kotor, kerena posisinya berdekatan dengan ban.

“Cara paling mudah untuk membersihkannya, ialah menggunakan air bertekanan tinggi. Dengan begitu kotoran-kotoran yang melekat, akan mudah rontok,” kata Daniel Saputra dari Show Car Garage.

Jangan anggap sepele dengan kotoran-kotoran itu. Jika Anda tidak segera bersihkan, bisa jadi komponen-kompenen kaki-kaki menjadi bunyi-bunyil saat mobil berjalan dan yang terparah timbulnya karat pada plat besi di bagian kolong.

 

Komentar