AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Jok Mobil Anda Awet

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Jok Mobil Anda Awet

Jok menjadi salah satu bagian penting interior mobil untuk memberikan kesan estetika dan juga nyaman. Maka dari itu, perhatikan 4 hal ini agar jok mobil Anda awet

Kabin mobil yang bersih dan rapi menjadi dambaan setiap pemilik kendaraan atapun penghuni kabin. Selain sedap dipandang, kondisi kabin yang terawat akan membuat para awak kabin merasa kerasan berada di dalam kabin. Jok menjadi salah satu bagian penting interior mobil untuk memberikan kesan estetika dan juga nyaman. Maka dari itu, perhatikan 4 hal ini agar jok mobil Anda awet.

Semahal apapun kualitas sebuah mobil, apabila jok mobil kurang bersih bahkan terkesan kotor dan tidak terawat penumpang pun jadi merasa tidak nyaman. Menurut Aretho, Owner Shinestly Home Service Car Care, “Jika dirawat dengan baik jok bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Sebaliknya, jika tidak teliti dalam merawat jok pastinya akan mudah rusak atau bahkan sobek.”

Sering Terpapar Sinar Matahari

Hal yang tidak disadari karena dapat merusak estetika dan keawetan jok adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. “Jika terus dibiarkan, lama kelamaan jok akan mudah rapuh dan rusak akibat sinar matahari. Apalagi, terpapar matahari secara langsung hingga berjam-jam, jok akan mudah sekali untuk rusak. Untuk itu usahakan memilih tempat parkir yang teduh,” ujar Aretho. 

Jauhkan Dari Benda Tajam

Jauhkan benda-benda tajam seperti halnya pisau, cutter, atapun gunting dari jok. Benda-benda ini terkadang secara tidak sengaja menggores. Menurut Aretho, Jika tergores mungkin masih bisa ditolerir, tapi jika yang terjadi sobek, mau tidak mau Anda harus membeli yang baru.

Hindari Dari Noda Membandel

Selain benda tajam, Anda juga perlu untuk menjauhkan jok dari spidol, crayon, ataupun benda-benda yang dapat membuat jok menjadi kotor dan meninggalkan noda yang sulit untuk dibersihkan. “Biasanya sih, anak-anak suka menggambar atau mewarnai di dalam mobil karena kurang hati-hati akhirnya jok tercoret,” kata Aretho.

Merokok di Dalam Mobil

Perilaku lainnya yang bisa merusak keawetan dari jok ini adalah merokok di dalam mobil. Terkadang, bara api yang berasal dari rokok jatuh dan jatuh ke permukaan jok hingga membuat lubang. “Biasanya, lubang dari bekas terkena bara rokok ini semakin membesar karena gesekan saat diduduki,” tutup Aretho.

Tags jok mobil jok

Komentar