AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Cara Perbaiki Interior Belang

Foto : Indra Aditya

Tips Cara Perbaiki Interior Belang

Inilah tips cara perbaiki interior belang. Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna komponen interior yang belang. Namun, pahami dulu penyebab dan tingkat keparahannya

Inilah tips cara perbaiki interior belang. Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna komponen interior yang belang. Namun, pahami dulu penyebab dan tingkat keparahannya.

Posisinya yang terisolasi dari lingkungan luar tidak berarti membuat komponen-komponen interior bebas masalah. Ada saja bentuk gangguan terhadap kondisinya. Sebagai contoh, permukaan interior menjadi belang.

Berbicara kepada Auto Bild, ahli perawatan mobil dari HD Car Care Yaska Wu menjelaskan yang sebenarnya terjadi apabila permukaan interior terlihat belang.

“Bisa jadi itu hanya sebatas kerak kotoran. Apabila hanya kotoran, tentunya bisa dibersihkan dengan mudah. Namun, kalau itu kerusakan warna, jelas harus dilepas dan dilakukan restorasi,” terangnya di Jakarta, (2/11).

Belang yang disebabkan oleh kerak kotoran biasanya menyerang bagian-bagian interior yang bentuknya berupa lekukan. Semisal, cup holder, kompartemen penyimpanan atau seputar konsol tengah.

Lalu, untuk yang disebabkan kerusakan warna seringnya menyerang dasbor. Siraman sinar matahari yang intens dipercaya bisa menurunkan penampilan dasbor. “Karena panas itu bisa mengubah pigmen warna dasbor,” jelasnya.

Yaska melanjutkan, proses degradasi warna akan lebih cepat apabila kadang-kadang suhu kabin menjadi sangat dingin. Karena penggunaan air conditioner. Kaca film berkualitas rendah juga dituding menjadi pangkal masalah.
 

354/80-81(16-29Nov16)

Komentar