AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Cegah Air Masuk Ke Mika Lampu

Foto : Indra Aditya

Tips Cegah Air Masuk ke Lampu Mobil



Apakah Anda pernah mengalami lampu mobil yang berembun pada bagian dalam mika atau kaca lampu? Beberapa pemilik mobil kerap mengalami hal ini. Bahkan hal ini tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada mobil baru sekalipun.

Pengembunan atau kondensasi pada headlamp bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu udara antara luar mika lampu dan bagian dalamnya.

“Biasanya embun terbentuk di dalam mika lampu ketika hujan atau mobil di tempat cucian mobil. Perbedaan suhu antara ruang dalam dan luar mika dapat menyebabkan terbentuknya embun,” ujar Ade dari Syifa Jaya spesialis lampu di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Adanya embun tak bisa didiamkan begitu saja. “Embun dapat masuk ke dalam rumah lampu. Hal tersebut bisa terjadi karena sealant yang menjadi perekat antara mika dan rumah lampu getas atau termakan usia. Jadi kemungkinan air menyusup masuk kian besar,” tambah Ade.

Tak hanya itu, masuknya air bisa terjadi akibat mobil menerjang banjir. Sehingga air bisa masuk ke dalam rumah lampu. “Di balik headlamp, terdapat lubang ventilasi. Lubang tersebut berfungsi untuk mengusir hawa panas lampu agar tidak terjebak di dalam yang mengakibatkan rusaknya reflektor. Nah, ketika melewati banjir atau saat dicuci dengan air bertekanan, bisa jadi air masuk melalui lubang tersebut,” papar Andi Rojak pemilik Anja Jaya Motor spesialis lampu di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Cegah Air Masuk Ke Mika Lampu
Cegah Air Masuk Ke Mika Lampu
Cegah Air Masuk Ke Mika Lampu
Pastikan karet pada lampu tidak getas klip lampu yang lepas juga mengakibatkan mika lampu jadi tidak rapat dengan rumah lampu Sealant getas membuat embun mudah terbentuk di mika dalam lampu

“Kaca mika lampu yang berembun juga bisa terjadi akibat sil bohlam yang sudah getas. Begitu dengan kondisi karet bohlam yang sudah usang atau sobek. Sehingga air bisa masuk melalui celah-celah sempit tersebut,” ujar Andi lagi.

Bagaimana solusinya? “Jika kondisi embun terlalu sering terjadi, bahkan hingga air masuk ke dalam rumah lampu, mau tidak mau lampu harus dibongkar. Untuk jasa perawatan ini kami mematok harga Rp 200 ribuan (satu set) untuk mobil keluaran Jepang. Proses pengerjaannya membongkar headlamp, sekaligus dibersihkan dan diberi sealant yang lebih baik,” tambah Andi.

Untuk tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah menghindari penyemprotan air bertekanan di seputar headlamp. Jangan juga coba menerobos banjir atau genangan air. Apalagi mobil jenis sedan karena posisi lampunya lebih rendah.

 

 

374/70-71(23Agts-5Sep17)

Komentar

Berita Terkait