AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Rawat Katrol Ban Serep

Foto : Purwandana Budyandaka

Tips Perawatan dan Perbaikan Katrol Ban Serep

Tips Perawatan dan Perbaikan Katrol Ban Serep

Perawatan Berkala Katrol

Ada cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia katrol. Caranya adalah dengan melakukan perawatan dan pembersihan. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Untuk Toyota Innova, peralatan yang harus disiapkan adalah kunci ring 12 mm, tang kecil, dan obeng.

Hal pertama adalah turunkan dulu ban serepnya. Kemudian lepas katrol dengan membuka dua buah baut pengikatnya. Setelah terlepas, lanjut dengan melepas pin pengunci dengan menggunakan tang kecil dan cabut as katrol.

Selanjutnya buka dua buah sekrup pengikat housing katrol menggunakan obeng. Hafalkan posisi mekanismenya, agar tidak kesulitan saat merakitnya kembali. Bisa juga dengan cara difoto untuk mengingatnya. Setelah komponen terlepas, Anda bisa melakukan pembersihan komponen katrol dengan menggunakan cairan solvent atau bensin. Tapi usahakan bensin tidak mengenai komponen yang dicat seperti rantai dan housing.

Setelah bersih, Anda bisa memberikan grease pada komponen as, gear, pinion gear, dan guide rail. Jika rantai kotor, bisa bersihkan menggunakan lap dengan bantuan air sabun. Setelah selesai, rakit kembali seluruh komponen. Pastikan rantai berada pada tonjolan Oli di rantai bisa mengundang kotoran yang tersedia pada gear. Jika meleset, rantai akan macet!


Solusi dan Perbaikan Kerusakan

Jika guide rail bengkok atau banyak karat, rantai akan bergesekan dengan housing. Akibatnya rantai akan macet dan membuat ban serep tidak bisa bergerak naik atau turun. Solusi yang direkomendasi tentu ganti baru. Untuk Innova, Dewa menyebut angka Rp 300 ribuan untuk katrol ban serep dengan status non genuine parts. “Jika bengkok belum parah, masih bisa diperbaiki dengan ditekuk tang,” ujar Dewa.

Dewa juga mewanti agar tidak memberikan oli atau gemuk pada rantai, karena justru mengundang debu menempel. Jangan pula membersihkan rantai dengan menggunakan bensin. Cat hitam pada rantai bisa mengelupas dan malah berpotensi menghadirkan karat.

Jika ingin memberi pelumasan, sebaiknya hanya terbatas pada komponen di dalam katrol saja. Misalnya pada as, gear, pinion gear, dan guide rail-nya. “Sebaiknya pakai grease, agar tidak mudah mengering. Tapi jangan terlalu banyak, karena jika mengeras malah bisa membuat macet katrol,” tambah Dewa.

 

 

365/74-75(19Apl-2Mei2017)

Komentar

Berita Terkait

car-care

Minggu, 18 Juni 2017

Tips Rawat Katrol Ban Serep

Tips Rawat Katrol Ban Serep

car-care

Minggu, 18 Juni 2017

Tips Rawat Katrol Ban Serep

Tips Rawat Katrol Ban Serep