AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kecelakaan Serius di Tol Dalam Kota

Foto : Istimewa

Asuransi SWDKLLJ Itu Untuk Korban Tertabrak



Potensi kecelakaan lalu lintas kerap meningkat di musim mudik Lebaran. Tapi tahukah Anda bahwa saat mengendarai kendaraan bermotor yang dibeli sendiri, pemilik telah mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan?

Jaminan asuransi kecelakaan tersebut diperoleh dari pengurusan Surat Izin Mengemudi atau SIM. Jaminan asuransi kecelakaan yang diperoleh dari SIM, seperti yang ditawarkan oleh PT Asuransi Bhakti Bhayangkara.

Selain dari SIM, pengemudi juga mendapat jaminan asuransi kecelakaan dari STNK. Jaminan tersebut didapat dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Yang mana pengguna kendaraan wajib membayar SWDKLLJ setiap tahun, maka secara otomatis mereka tercatat mengikuti asuransi dari Jasa Raharja.

Besar tarif SWDKLLJ tergantung tipe kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc hingga 250 cc dikenakan tarif sebesar Rp 35 ribu. Sedangkan untuk mobil jenis sedan, jip dan lain-lain, sebesar Rp 143 ribu.

Lantas, bagaimana cara mengklaim asuransi SWDKLLJ? Klaim SWDKLLJ itu untuk orang yang ditabrak. Misalnya, Anda menabrak pejalan kaki atau mobil Anda menabrak pemotor maka pihak tertanggung ialah siapa saja yang ditabrak.

Agar bisa mendapat asuransi tersebut, korban terlebih dahulu harus membuat laporan di Kepolisian. Selanjutnya, laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihak Jasa Raharja sebagai perusahaan penjamin asuransi kecelakaan.

 

Komentar

Berita Terkait

umum

Selasa, 22 November 2016

Apakah Fungsi Bayar SWDKLLJ Pada STNK?

SWDKLLJ yang tertera di STNK. SWDKLLJ adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Fungsi SWDKLLJ yaitu kita memperoleh perlindungan asuransi bila terjadi kecelakaan saat Anda mengemudi di jalan raya

insurance-and-finance

Selasa, 22 November 2016

Proses Klaim Asuransi SWDKLLJ

Membayar tarif SWDKLLJ berarti Anda berhak mendapatkan santunan saat terjadi kecelakaan di jalan raya. Besarnya santunan yang diperoleh dari Jasa Raharja berdasarkan pada Ketetapan Menteri Keuangan RI No 36/PMK. 010/2008 dan 37/PMK. 010/2008

knowledge

Minggu, 21 Agustus 2016

Korban Tabrak Lari dan Kendaraan Bodong

Peredaran kendaraan tanpa surat-surat bukanlah hal baru. Kendaraan semacam ini tidak memiliki STNK sehingga bisa dipastikan tidak membayar premi SWDKLLJ setiap tahunnya. Sehingga logikanya tidak ada jaminan bagi korban yang ditabrak kendaraan ilegal.

knowledge

Minggu, 21 Agustus 2016

Cara Pembayaran Santunan Korban Kecelakaan

Jasa Raharja mengaku telah menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah sakit untuk memberikan pelayanan bagi korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka-luka

knowledge

Minggu, 21 Agustus 2016

Orang Yang Berhak Menerima Santunan

Keberadaan kendaraan bermotor yang berseliweran di jalan raya diasumsikan memiliki dampak sosial. Yaitu menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas yang berpotensi menghilangkan nyawa seseorang.

knowledge

Minggu, 21 Agustus 2016

Dana SWDKLLJ Untuk Siapa?

Berbeda dengan asuransi lain yang berguna melindungi diri sendiri, SWDKLLJ adalah bentuk tanggung jawab pemilik kendaraan bermotor terhadap korban kecelakaan