AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Klaim Asuransi Garda Oto

Foto : Istimewa

Inilah Batas Usia Mobil Bekas yang Bisa Diterima Asuransi



Harga mobil baru yang semakin tinggi, membuat konsumen dengan dana terbatas lebih memilih untuk membeli mobil bekas (mobkas). Selain harganya yang lebih murah, beberapa mobkas memiliki daya tarik soal kelangkaannya.

Jika lazimnya pelanggan yang mendaftarkan mobil baru ke pihak asuransi sangat mudah, berbeda dengan mobkas. Kondisi mobkas yang beragam membuat beberapa perusahaan asuransi mengalami kesulitan dalam memutuskan, apakah mobil bekas tersebut dapat ditanggung klaimnya atau tidak. 

Proses yang dilakukan perusahaan untuk pengajuan produk pertanggungan menyeluruh (all risk) untuk mobkas sangat selektif. Biasanya pihak asuransi memberikan syarat bahwa mobil yang ditanggung maksimal berusia 9 tahun. Ada beberapa faktor yang membuat rentang waktu ini menjadi ambang batas sebuah mobil layak atau tidak untuk mendaftarkan klaim asuransi khususnya all risk.

Pertama, harga mobkas yang semakin menurun atau depresiasi dari harga pembelian awal. Kemudian faktor tingginya produksi kendaraan di Indonesia ditambah dengan permintaan pasar yang semakin besar, membuat mobkas memiliki ruang gerak terbatas.

Selain itu, penurunan nilai aset dari hari ke hari atas usia produksi sebuah barang membuat harga jual barang akan jauh dari nilai jual awal. Maka pihak asuransi akan banyak mempertimbangan persetujuan klaim untuk masuk ke tahap all risk.

Setelah melihat tahun pembuatan mobkas yang hendak diasuransikan, perusahaan asuransi akan mengecek kelengkapan lain, seperti surat resmi, kondisi fisik mobil, jaringan bengkel resmi, dan ketersediaan suku cadang untuk memastikan bahwa mobil tersebut diterima oleh bengkel rekanan saat pengajuan klaim.

Persoalan pada mobil bekas

Meski mobil bekas Anda sudah melakukan perawatan berkala, ada beberapa kondisi yang tak dapat dihindari mobkas, seperti kondisi kaki-kaki yang semakin tua atau kondisi mesin yang menurun.

Agar pemilik mobkas terhindar dari masalah biaya penggantian suku cadang kendaraan yang terlampau tinggi dan membuat mobkas tetap mendapatkan perlindungan, Anda dapat memanfaatkan layanan terbaru dari Asuransi Astra, yakni Garda Oto Digital. Layanan ini membuat pelanggan semakin mudah untuk melakukan klaim kerusakan kendaraan.

Garda Oto Digital hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Dengan klaim #MakinGampang, Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda.

Setelah proses perbaikan mobil selesai, klaim #MakinGampang akan melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel, sehingga akan menghemat waktu Anda.

Tak hanya itu, Garda Oto Digital pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan, seperti pemberian hadiah langsung dan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang klaim #MakinGampang dari Garda Oto, dapat menelusuri situs https://www.gardaoto.com/.

 

Komentar