AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Konsumen Hanya Bayar Tanda Jadi

Foto : Purwandana Budyandaka

Konsumen Hanya Bayar Tanda Jadi

Saat pembayaran pertama kali konsumen hanya bayar tanda jadi. Jika pembelian mobil dilakukan secara tunai, pembayaran untuk pelunasan dilakukan setelah konsumen memberikan surat kuasa atas pembuatan STNK

Saat pembayaran pertama kali konsumen hanya bayar tanda jadi. Jika pembelian mobil dilakukan secara tunai, pembayaran untuk pelunasan dilakukan setelah konsumen memberikan surat kuasa atas pembuatan STNK dan menerima konfirmasi ketersediaan unit dari dealer.

Berbeda dengan pembelian secara kredit, konsumen baru diwajibkan untuk membayarkan uang muka (DP) secara penuh, setelah proses survei yang dilakukan perusahaan pembiayaan usai. Serta setelah menerima konfirmasi dari perusahaan pembiayaan untuk memberikan pelunasan uang muka ke rekening resmi perusahaan leasing.

Sebagai konsumen yang cermat, sebaiknya tetap teliti terhadap jenis transaksi apapun. Sekecil apapun celah, dapat dimanfaatkan oleh pihak yang berniat ‘jahil’ dalam mencari mangsa tindakan kejahatannya.

“Intinya jangan pernah menitipkan pembayaran apapun kepada sales person atau oknum yang mengaku dari leasing atau lembaga pembiayaan untuk mencegah penggelapan,” tegas Ben.
 

 

354/86-87(16-29Nov16)

Komentar