AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Lamborghini LP 700-4 Roadster

Foto : www.bentleygoldcoast.com

Pajak Lamborghini LP 700-4 Roadster Milik Raffi Ahmad



Presenter dan artis Raffi Ahmad baru saja kedatangan tamu spesial dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta (BPRD) beserta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang hendak menagih pajak mobil mewah yang dimiliki Raffi.

Adapun salah satu mobil mewahnya yang dimiliki Raffi adalah Lamborghini Aventador LP 700-4 Roadster bernomor polisi B 1 AMY.

Pertanyaannya, mengapa banyak orang kaya yang tak mau bayar pajak? Semahal itukah pajak mobil mewah apalagi supercar sekelas Ferrari, Lamborghini, dan lainnya hingga harus dihindari?

Dirlantas Polda Metro Jaya, Halim Pagarra menjelaskan ada dua alasan pemilik mobil mewah tak mau bayar pajak. Pertama, sengaja menghindari atau enggan membayar karena nilainya cukup besar. Kedua, ingin tampak selalu baru dengan menggunakan pelat nomor palsu.

Untuk itu mari kita coba hitung kisaran biaya pajak mobil mewah Lamborghini Aventador LP-700 4 Roadster seperti yang dimiliki Raffi Ahmad. Harga mobil super dari Italia ini berada di kisaran Rp 12 miliar off the road.

Komponen pajak yang terbilang besar adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). BBN KB besarnya 10 persen dari harga kendaraan off the road. Jika harga mobil Rp 12 miliar, pemilik harus mengelurkan biaya Rp 1,2 miliar.

Biaya yang cukup besar lainnya adalah PKB. Besaran PKB berdasarkan Permendagri No. 29 tahun 2012 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, besarnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan. Besaran angka tersebut bersifat menurun setiap tahun karena penyusutan nilai jual. Anggap saja baru, nilainya Rp 12 miliar x 1,5 persen x 1 (koefisien mobil sedan dari Permendagri), berarti harus bayar Rp 180  juta.

Lalu ada lagi biaya tambahan yang jumlahnya masih terbilang kecil, seperti SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) sebesar Rp 143 ribu untuk mobil. Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja. Sementara biaya adminstirasi tidak dikenakan untuk mobil baru.

Jadi bisa dibayangkan, pajak pertama yang harus dibayar pemilik Lamborghini Aventador LP-700 4 Roadster milik Raffi Ahmad adalah Rp 1,2 miliar (BBN KB) ditambah Rp 180 juta (PKB) dan SWDKLLJ Rp 143.000, menjadi total Rp 1.380.143.000. Sedangkan Pajak tahunan di tahun pertama sekitar RP 180.143.000. Sanggup bayar?

Komentar

Berita Terkait

mobil-baru

Kamis, 22 Desember 2016

Lamborghini Aventador S Terbaru Siap Meluncur Tahun Depan

Produsen mobil asal Italia, Lamborghini akan menghadirkan Lamborghini Aventador S terbaru tahun depan. Diklaim ia akan menjadi pengganti dari Aventador yang sudah ada dan berada di bawah Lamborghini Aventador SV.

umum

Selasa, 25 Oktober 2016

Lamborghini Aventador Facelift Siap Hadir di 2017

Lamborghini Aventador facelift siap hadir di 2017. Sebuah pembaruan versi untuk supercar Lamborghini Aventador yang tertangkap kamera tengah melakukan test di lintasan Nurburgring, Jerman

mobil-baru

Rabu, 14 Desember 2016

Lamborghini Aventador S Facelift Semakin Beringas

Dalam sebuah kesempata,n Lamborghini Aventador S facelift tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di lintasan pacu Nurburgring, Jerman. Diklaim Lamborghini Aventador S terbaru Semakin Beringas.