AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Tips Cara Ubah Asuransi Mobil Yang Dipakai Sebagai Taksi Online

Foto : Tim Auto Bild

Tips Cara Ubah Asuransi Mobil Yang Dipakai Sebagai Taksi Online

Berikut adalah tips cara ubah asuransi mobil yang dipakai sebagai taksi online. Berapa tambahan premi yang harus dibayar? Bagaimana cara melaporkannya?

Berikut adalah tips cara ubah asuransi mobil yang dipakai sebagai taksi online. Berapa tambahan premi yang harus dibayar? Bagaimana cara melaporkannya?

BERI INFORMASI

Pemilik mobil atau tertanggung juga harus memberi tahu adanya perubahan penggunaan kendaraan bermotor dari pribadi menjadi komersial. Hal ini tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, bab IV pasal 8 ayat 1 tentang Perubahan Risiko ayat 1.

Dengan bunyi: Tertanggung wajib memberitahu kepada penanggung setiap keadaan yang memperbesar risiko yang dijamin polis, selambatlambatnya dalam 7 (tujuh) hari kalender kerja. Apabila terjadi perubahan pada bagian atau penggunaan Kendaraan Bermotor.

Apabila tertanggung tidak melakukan hal tersebut maka penanggung (perusahaan asuransi) berhak untuk menolak klaim atau bahkan menghentikan pertanggungan.

PENGAWASAN MAKSIMAL

Meski aturan tersebut terasa mudah untuk ‘dikelabui’, tapi perusahaan asuransi memastikan bahwa pihaknya bisa mengetahui ‘akal-akalan’ nasabahnya.

“Tim survey kami sudah terlatih untuk memperkirakan apakah ini mobil pribadi atau digunakan untuk taksi online. Kami bisa investigasi hal tersebut. Tapi bila dalam investigasi tersebut kami tidak bisa membuktikan bahwa mobil tersebut mengalami kecelakaan saat digunakan untuk taksi online, maka kami wajib untuk mengganti kerusakan tersebut,” tutup Iwan.

Mobil Pribadi Vs Taksi Online

Asuransi mobil pribadi dan asuransi mobil komersial mempunyai perbedaan baik proses administrasi pengajuannya maupun biaya klaimnya.

Asuransi mobil komersial tentunya akan dikenakan biaya yang lebih tinggi. Alasannya karena risiko kerusakannya akan lebih intens. Selain itu mobil digunakan untuk urusan kerja atau bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Seperti rental mobil atau taksi online. Namun, perbedaan biayanya tidak terlalu jauh, kisarannya di bawah 3 persen.

Namun, proses pengajuan klaimnya sama, baik asuransi mobil pribadi maupun Perubahan fungsi mobil jadi komersial perlu dilaporkan agar klaim mobil komersial.
 

351/84-85(5-18Okt16)

Komentar