AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Adu Nyaman Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Adu Nyaman Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV

Kami adu nyaman Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia

Kami adu nyaman Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia. Mazda meramu 6 untuk mendapatkan pengendalian yang baik, oleh sebab itu set suspensi dibuat kaku. Tapi ternyata semua itu berimbas pada kenyamanan pengemudi dan penumpang yang merasakan bantingan suspensi menjadi keras saat melewati jalan rusak.

Begitu juga dengan kelapangan kabin, Mazda6 bukan lah yang terbaik dalam hal itu. Jika dibandingkan dengan rival sekelasnya ia memiliki kabin paling mungil, hingga mengurangi legroom penumpang baris kedua. Ditambah dengan posisi sandaran bangku baris kedua yang lebih tegap, membuat penumpang yang duduk kurang rileks.

Bantingan suspensi Accord empuk dengan ruang kaki luas Camry masih terasa lebih empuk dari Mazda6

Toyota Camry memang berorientasi pada penumpang. Untuk bantingan suspensi, Camry tergolong lebih empuk dari Mazda6. Walaupun pada kenyataannya, ia telah dibuat lebih kaku dari generasi sebelumnya.

Hal yang kami rasakan saat berkendara dengan Accord, jelas bantingan suspensi terasa lebih empuk dari Camry. Kabinnya juga terasa lebih lapang, sehingga jarak lutut penumpang belakang dengan bangku baris pertama tetap terjaga.

Kabin belakang Mazda6 terasa paling sempit Teana istimewa dalam hal kenyamanan

Nissan terlihat fokus dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Jok dengan busa yang empuk dan bantingan suspensi paling luwes di antara kontestan Road Test, membuatnya unggul dalam hal kenyamanan.

Penggunaan transmisi CVT di Teana turut berperan penting untuk menunjang kenyamanan. Dengan transmisi itu, pengemudi akan merasakan kenyamanan yang lebih, karena absennya entakan transmisi saat melakukan perpindahan gigi.

Honda Accord 2.4L VTI-L ES 3 bintang
Mazda6 2 bintang
Toyota Camry 2.5 V A/T 3 bintang
Nissan Teana 4 bintang

 

352/36-43(19Okt-1Nov16)

Komentar