AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Ferrari GTC4Lusso T dan Toyota C-HR Hadir di Paris Motor Show 2016

Foto : Bimo Aribowo

Ferrari GTC4Lusso T dan Toyota C-HR Hadir di Paris Motor Show 2016

Ferrari GTC4Lusso T dan Toyota C-HR Hadir di Paris Motor Show 2016. Seperti apakah rupanya?

Ferrari GTC4Lusso T dan Toyota C-HR hadir di Paris Motor Show 2016. Seperti apakah rupanya?

Biarpun tampilannya tidak benar-benar baru, tapi mesin yang dipakainya tak lagi V12 6.262 cc. Ferrari GTC4Lusso T kini dibekali mesin 3.855 cc V8 yang dilengkapi turbo, mirip yang dipakai di 488. Toh begitu 610 dk mudah saja diletupkan dari mobil ini. Jika dibandingkan dengan GTC4Lusso bermesin V12 hanya terpaut 80 dk.

Konsep mobil sport 4 tempat duduk masih dipertahankan. Dalam obrolan singkat, Enrico Galliera, Chief Marketing & Commercial Officer Ferrari menyebut, pihaknya tetap konsisten tak akan pernah membuat mobil 4 pintu ataupun SUV. Mungkin GTC4 Lusso inilah jawaban Ferrari akan kebutuhan sportscar yang mampu diisi lebih dari 2 orang dengan nyaman.

Selain mesinnya yang berbeda dengan GTC4 Lusso sebelumnya, pada GTC4Lusso T ini juga tak memakai sistem gerak 4 roda. Ferrari menilai tak semua konsumennya perlu teknologi itu. Meski begitu, sistem kendali kemudi di 4 roda (4 wheel steering) tetap dipertahankan.

Ferrari Jakarta berniat menghadirkannya di Indonesia. Kami belum dapat konfirmasi apakah versi yang bermesin V12 atau V8 turbo.



Toyota C-HR



Kehadirannya sudah ditunggu konsumen Indonesia setelah versi konsepnya muncul pada Gaikindo Indonesia International Auto Show Agustus lalu. Versi produksi massalnya muncul pertama kali di Paris Motor Show ini dan tak jauh berbeda dibandingkan saat dalam bentuk prototipe. Siluet kupe dan desain yang atraktif seakan mengingatkan pada Nissan Juke.

Dengan dimensi 4.360 x 1.795 x 1.555 mm (panjang x lebar x tinggi), membuatnya sebanding dengan SUV kompak lainnya di kelas Chevrolet Trax, Honda HR-V ataupun Nissan Juke. Keunggulan desain terlihat di C-HR karena lebih modern dan futuristis.

Di pasar Eropa, C-HR tersedia dalam pilihan mesin bensin 1.197 cc turbo (116 dk) dan Hybrid (122 dk) dengan transmisi manual atau otomatis CVT. Kami agak meragukan mesin 1.2T atau hybrid itu hadir jika C-HR jadi mengaspal di Indonesia. Mesin 1.500 cc seperti yang ada di Sienta atau Avanza mungkin lebih punya peluang.
 

352/72-81(19Okt-1Nov16)

Komentar