AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Inilah Tipe Mobil Dengan Tingkat Kepuasan Pemakai Paling Tinggi Versi Auto Bild Indonesia

Foto : Tim Auto Bild

Inilah Tipe Mobil Dengan Tingkat Kepuasan Pemakai Paling Tinggi Versi Auto Bild Indonesia

Inilah tipe mobil dengan tingkat kepuasan pemakai paling tinggi versi Auto Bild Indonesia

Inilah tipe mobil dengan tingkat kepuasan pemakai paling tinggi versi Auto Bild Indonesia.

Safety technology

Berbeda dengan penilaian sebelumnya, kali ini indeks kepuasan konsumen akan menampilkan pemenang berdasarkan tipe kendaraan. Pada kategori safety technology, Suzuki Ertiga secara mengejutkan hadir sebagai pemenang dengan memperoleh angka indeks 4,09 atau dalam skala puas.

Tidak ada tipe mobil yang dirasa mengecewakan dalam kategori ini. Namun Daihatsu Xenia mendapatkan nilai yang paling rendah di antara yang lain. Komponen keselamatan Daihatsu menurut para pemilik dianggap tidak ada yang spesial.

 

Fuel consumption

Meskipun masih menggunakan tipe mesin K14B yang bukan produk baru lagi, tapi aplikasi teknologi baru yang disematkan mampu memberikan efisiensi BBM optimal pada Suzuki Ertiga. Bahkan, untuk ukuran mesin kompak sekalipun, tenaga yang dihasilkan terbilang kecil hanya 95 dk. Namun itu justru memberi keunggulan dalam hal konsumsi BBM.

Pengguna Ertiga mengklaim konsumsi BBM mobilnya mencapai 13 km/l dan mencapai indeks kepuasan hingga 4,21. Di bawahnya ada Nissan Grand Livina dengan 4,02 dan klaim konsumsi BBM juga 13 km/l. Ketiga adalah Toyota Fortuner dengan indeks kepuasan 3,93 dan klaim konsumsi BBM 9 km/l. 

 

Performance

Toyota Fortuner mampu meraih angka 3,97 dari survey CSS 2015. Data survey menunjukkan mayoritas Toyota Fortuner menggunakan mesin di rentang 2.000-2.499 cc. Bisa dipastikan itu adalah Fortuner diesel. Di sini terlihat bahwa dari sisi performa, mesin diesel sudah mendapatkan tempat di hati pengguna mobil. Sedangkan Toyota Yaris bermodalkan mesin 1.500 cc meraih indeks kepuasan tertinggi dari pengguna mesin bensin. Sementara pemilik Daihatsu Xenia merasakan performa mesin mobilnya biasa saja.

 

Comfort

Walaupun harga Suzuki Ertiga relatif terjangkau, namun para pemilik mobil di segmen Compact MPV ini mengaku puas dengan kenyamanan mobil ini dengan indeks kepuasan sebesar 4,18. Menariknya, di bawahnya bercokol Nissan Grand Livina (4,09) dan HondaFreed (4,03). Ketiganya dikenal sebagai MPV di sektor low-end.

Paling bawah, Honda Brio dirasa biasa saja oleh konsumennya dengan nilai indeks 3,29. Memang faktanya, Honda Brio dikenal memiliki setting suspensi lumayan keras dengan akomodasi kabin terbatas sehingga membuat penghuninya merasa kurang nyaman.

 

Handling

Selama ini Auto Bild merasakan handling ToyotaYaris terbilang mengasyikkan. Ternyata, pengguna Yaris yang juga audiens Auto Bild merasakan hal serupa dengan indeks kepuasan 4,04. Menariknya, Nissan Grand Livina yang dirasa nyaman oleh pemiliknya juga memiliki handling yang mumpuni dengan peroleh indeks 3,98. Sedangkan di bawahnya, Ertiga masih dapat berbicara dengan indeks kepuasan 3,95. Sejalan dengan persepsi kami selama ini, tiga besar terbawah yakni Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Avanza mendapatkan indeks kepuasan rendah. Xenia dan Innova termasuk biasa saja dan hanya Avanza yang masih puas.

Value for money

Dalam membeli mobil Anda akan melihat dari semua sektor. Apakah mobil yang akan dibeli pantas dan memadai dalam segala sektor dengan jumlah uang yang dikeluarkan? Kali ini, Suzuki Ertiga mampu membuktikan dengan indeks kepuasan setinggi 4,02. Soal kepantasan harga beli, Honda CR-V, Toyota Rush, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Freed, Daihatsu Xenia dan Honda Jazz dinilai biasa saja.

 

 

 

Durability

Suzuki Ertiga masih menduduki peringkat utama menurut hasil survey dengan raihan indeks kepuasan 4,27. Selain itu, rata-rata responden juga sudah memiliki Suzuki Ertiga sejak 2013, sehingga mobil ini memang sudah cukup terbukti daya tahannya. Dari 10 besar, hanya Honda Brio yang dinilai biasa saja oleh konsumennya.

 

 

Authorized service station

Meski secara brand, Kia menjuarai kategori ini, namun tidak jika masuk di kategori tipe. Yang mampu memenuhi ekspektasi pemiliknya di kategori ini adalah Toyota Fortuner. Menurut hasil survey ini, pemilik Toyota Fortuner merasa paling puas terhadap layanan bengkel resminya.

Secara keseleuruhan tidak ada yang memperoleh peringkat buruk dalam kategori ini. Bahkan untuk peringkat dua terbawah yang dihuni Honda Brio dan Daihatsu Terios pun masih mendapatkan angka indeks 3,50 yang masuk dalam skala puas.

 

Features

Fitur memang sangat terkait dengan harga jual. Semakin mahal, biasanya fitur semakin berlimpah. Tapi kesesuaian dari apa yang dibayarkan dan fitur apa yang didapatkan juga bisa membuat indeks kepuasan menjadi tinggi. Contohnya Suzuki Ertiga yang menjadi juara di kategori ini dengan mendapatkan angka indeks 3,82 atau dalam skala puas. Meski fitur yang diusung tidak terlalu banyak, namun dengan harga jualnya, para pemilik Suzuki Ertiga mengaku puas akan fitur yang dimilikinya.

 

 

 

 

 

Overall CSI Index by Type

Seperti pemenang pada kategori overall costumer satisfaction index by brand, pemenang pada kategori ini juga terpilih karena ia mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi pada beberapa kategori. Pemenang pada kategori ini adalah Suzuki Ertiga yang berhasil memperoleh angka index 4,02 atau masuk dalam skala puas. Suzuki Ertiga berhasil menjadi kampiun di kategori ini karena ia juga menjadi yang terbaik di beberapa kategori, antara lain durability, fuel consumption, comfort, value for money, safety technology dan feature.

Sedangkan yang menjadi peringkat paling bawah dalam kategori ini adalah Toyota Rush. Dengan indeks kepuasan 3,48, artinya pemilik Rush merasa biasa saja dengan produknya. Hal ini bisa disebabkan karena apa yang telah dibayarkan oleh responden kurang sesuai dengan apa yang mereka dapatkan. Komponen harga jual menjadi faktor penting untuk meraih angka kepuasan tinggi.

Kesimpulan

Sebagai merek yang sudah established sejak lama, nama besar Mercedes-Benz menemui pembuktiannya di sini. Ia sanggup menorehkan level kepuasan konsumen tertinggi untuk parameter Performace, Handling, Comfort, Safety Technology, dan Features. Tak heran bila Mercedes-Benz sukses meraih gelar The Highest Customer Satisfaction Index by Overall untuk kategori merek mobil.

Di lain sisi, Suzuki Ertiga juga meraja di kategori tipe mobil. Meski terbilang anak bawang, Ertiga memuaskan konsumennya dalam hal Durability, Fuel Consumption, Comfort, Value For Money, Safety Technology, dan Features. Ertiga pun sukses menjadi mobil dengan level kepuasan pemakai tertinggi di kategori tipe.
 

329/70-72(2-15Des15)

 

Tags

Komentar