AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Inilah Truk Sampah Otonom Pertama di Dunia

Foto : ISTIMEWA

Inilah Truk Sampah Otonom Pertama di Dunia



Dilansir dari Drivespark, teknologi otonom tak hanya bisa disematkan di mobil-mobil kecil. Kendaraan berukuran besar seperti truk pun sedang diuji coba dengan teknologi otonom. Uji coba itu dilakukan oleh pabrikan asal Swedia, Volvo.

Volvo mendesain sebuah truk yang berfungsi untuk mengangkut sampah. Pabrikan itu bekerja sama dengan perusahaan pengelolaan limbah, Renova. Volvo mengatakan pengembangan tersebut dilakukan agar sopir truk bisa bekerja lebih baik lagi.

Cara kerjanya, truk pertama-tama dikendarai oleh sopir manusia ke beberapa rute yang akan dituju. Sistem pada truk kemudian mengumpulkan informasi dan rute itu lewat sebuah sensor. Sehingga nantinya si sopir tinggal memilih saja dan truk tahu ke mana harus berjalan.

Truk juga bisa mundur dengan otomatis lewat perintah suara dikombinasikan dengan GPS, dan sistem LIDAR. Kemudi setir, transmisi, dan kecepatan truk semuanya sudah otomatis. Saat ini truk sampah otonom masih dalam tahap uji coba hingga akhir tahun baru kemudian dilakukan evaluasi.

Komentar