AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

  • Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

    Foto : Toni

Keglamoran Kota Mode Monte Carlo

Sebagai salah satu kota mode, pemandangan eksotis dan keglamoran begitu melekat di Monte Carlo

 

Dini hari, penerbangan KLM dari bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda, tiba di Bandara Nice D’Azur, Prancis. Temperatur udara 1° Celcius langsung menyambut dn merasuk ke tulang. Sembari mencari informasi seputar Monte Carlo di bandara, lambaian tangan dan papan informasi rombongan Kia memecahkan konsentrasi.

“Saya Damier Rochi dari Krosia dan siap meng­antar­kan Anda ke hotel Le Meridien Monte Carlo,” ucapnya.

Sesaat keluar dari bandara, sosok Kia All New Carens  sudah menanti di pelataran parkir dan siap membawa kami menuju Monte Carlo. Maklum, perjalanan kami ini untuk memenuhi undangan Kia Mobil Indonesia dalam event test drive Carens terbaru di Monte Carlo akhir Maret lalu. Sekitar 34 kilometer menuju hotel atau sekitar 30 menit perjalanan yang mesti ditempuh.

Jalan menanjak dan menurun hingga tikungan tajam menjadi menu. Kerlap kerlip lampu dan semburat cahaya sejumlah yacht sesekali  bergantian sejauh mata memandang. Monako dini hari begitu memesona.
Paling menakjubkan, saat melewati terowongan demi terowongan menjadi pemandangan khas menuju Monte Carlo. Inilah salah satu kekhasan Monako dikenal sebagai kota seribu tunnel.

Jalan via tunnel ini pun menjadi keseharian warga Nice. Tidak heran, tertib berlalu lintas menjadi standar yang mesti dilakoni bagi pengendara. Tidak hanya jalan konvensional, di jalan bebas hambatan pun kerap melewati terowongan panjang.

Informasi tunnel hingga speed limit tersaji lengkap dan jelas. Kecepatan minimal 50 km/jam dan maksimal 90 km/jam menjadi panduan saat memasukki salah satu tunnel. Jangan coba-coba melanggar batas kecepatan maksimal, “Karena ada kamera pengintai dan speed trap dalam tunnel yang siap merekam. Bila melebihi batas kecepatan, lampu blitz dari atas memberi sinyal ke pengendara untuk segera mengoreksi,” ujar Damier.

Secara geografis, kota Nice, Monako berada di dekat Prancis Selatan yang notabene pegunungan ca­das. Kawasan ini dikelilingi pegunungan Alpen di utara dan laut Mediterranean di Selatan. Sementara Riviera Prancis berada di barat dan Riviera Italia di timur.Rekayasa dan teknologi men­jadikan pemerintah Monte Carlo membuat terowongan menjadi bagian dalam lalu lintas.

Dalam hati, “Butuh wak­tu berapa lama dan tek­no­logi seperti apa yang un­tuk mengebor perbukit­an cadas hingga menjadi terowongan sebanyak ini.”

Pemanfaatan teknologi, infrastruktur tepat guna serta aturan dalam berlalu lintas menjadi hal penting. Setidaknya, mobilitas serta alam bisa dimaksimalkan untuk beraktivitas. Monte Carlo sukses menggabungkan hal itu.

GLAMOUR CITY

Tidak hanya eksotis, Monte Carlo menjadi ikon untuk menggelar sejumlah event terbaik dunia, termasuk yang berkaitan dengan otomotif. Sebut saja Rallye Automobile Monte Carlo hingga Grand Prix de Monaco yang begitu legendaris.

Terakhir, Sebastien Loeb sukses mendulang poin sem­purna di seri pembuka WRC 2013 di Monte Carlo (17 – 19/1) lalu. Sementara un­tuk gelaran Formula 1, sir­kuit jalan raya Monte Carlo siap menggelar GP de Monaco (24 – 26/5) mendatang.

Sirkuit sepanjang 3,34 kilometer yang sempat kami lewati saat mengetes Kia Carens terbaru ini menghadirkan sensasi jalan berliku dan tunnel Fairmont yang kondang.

Wajar saja jika di salah satu sudut Boulevard Albert berdiri museum Automobile Club. Berbagai barang memorabilia otomotif di Monte Carlo tersimpan apik di dalamnya. Berbagai mobil produksi massal dan balap legendaris bisa dilihat di museum ini. Letaknya tidak jauh dari sebelah timur Port Hercule, tempat bersandarnya sejumlah yacht.

Tidak hanya sebagai tempat penyelenggara event, Monte Carlo juga iden­tik dengan keglamoran. Gaya hidup serta keseharian warganya tampak jelas menggambarkannya.

Tidak heran, kalau Monte Carlo juga identik dengan kasino, model jet set hingga tempat berkumpul kaum sosialita dunia.

Kembali ke jalan. Beragam mobil mewah banyak berseliweran. Ferrari, Lamborghini, Porsche, Maserati dan lainnya bertebaran, tidak ubahnya Kijang Innova atau Avanza/Xenia di Indonesia. Bahkan sosok Mercedes-Benz S-Class digunakan sebagai taksi yang siap melayani kemana pun Anda mau pergi.

Benar-benar sepert mimpi berada di Monte Carlo dengan segala keglamorannya.

261/40-4(27Apl-7Mei13)

 

Tags

Komentar