AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Kemungkinan Recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Sangat Kecil

Kemungkinan Recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Sangat Kecil

Perkembangan isu cukup cepat lantaran forum diskusi pengguna berinisiatif buka mulut ke media massa. Lantas, apakah TAM akan recall Toyota Innova dan Fortuner? Kemungkinan recall Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner sangat kecil

Toyota Astra Motor (TAM) sedang diuji mencuatnya isu girboks dan turbo pada Toyota Innova serta Fortuner. Perkembangan isu cukup cepat lantaran forum diskusi pengguna berinisiatif buka mulut ke media massa. Lantas, apakah TAM akan recall Toyota Innova dan Fortuner? Kemungkinan recall Toyota kijang Innova dan Toyota Fortuner sangat kecil.

Masalah yang ada saat ini erat hubungannya dengan performa mesin. "Recall itu yang pasti menyangkut safety, misalnya airbag," jelas Manager Public Relations TAM Rouli Sijabat, di Jakarta, Kamis (14/10) kemarin kepada Auto Bild.

Pihak TAM menjelaskan, kebijakan recall bukan di tangan Agen Pemegang Merek (APM), melainkan prinsipal. Dalam hal ini adalah Toyota Motor Corporation di Jepang. Bahkan, di sejumlah negara recall diawali perintah lembaga pemerintah yang mengawasi aspek teknis produk mobil baru yang dipasarkan.

"Contoh, kalau di Amerika Serikat ada yang dinamakan NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) yang bisa memerintahkan recall berdasarkan data atau ukuran-ukuran mereka," jelas Rouli. Namun, sayangnya tidak ada lembaga pemerintah semacam NHTS di Indonesia.

Komentar