AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Mencoba Tes Drive Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Yang Bermasalah di Transmisi

Foto : Dok. Auto Bild

Mencoba Tes Drive Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Yang Bermasalah di Transmisi

Setelah mendapatkan informasi lengkap dari konsumen yang mengalami masalah seputar transmisi itu, observasi pun kami lakukan lebih dalam yaitu dengan mencoba tes drive Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner yang bermasalah di transmisi

Setelah mendapatkan informasi lengkap dari konsumen yang mengalami masalah seputar transmisi itu, observasi pun kami lakukan lebih dalam yaitu dengan mencoba tes drive Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner yang bermasalah di transmisi.

Ada 2 unit Innova dan 1 unit Fortuner milik konsumen tersebut yang siap untuk kami coba. Dalam hal ini, ketiga mobil itu kami kendarai di jalan secara normal untuk mengetahui problem transmisi itu.

Mobil pertama adalah Toyota Kijang Innova G AT Diesel milik Jeffie Adrian. Jeffie mengutarakan, transmisi otomatisnya masih terasa mengentak saat perpindahan gigi. Padahal diakui Jeffie, ia telah menguras oli transmisi dan remapping ECU.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa saat kondisi jalan, jika tuas transmisi dipindahkan dari posisi “D” ke “N” dan dipindahkan kembali ke posisi “D” di berbagai tingkat kecepatan, akan terasa mengentak keras.

Kami pun segera mencoba mobil tersebut. Setelah perbaikan yang dilakukan oleh bengkel resmi, perpindahan gigi sudah terasa membaik. Kami tidak menemukan perpindahan gigi yang mengentak keras, yang ada hanya gejala perpindahan gigi yang wajar untuk sebuah transmisi otomatis konvensional.

Sementara untuk entakan yang terjadi ketika tuas transmisi dipindahkan dari posisi “D” ke posisi “N” dan dipindahkan kembali ke posisi “D”, kami rasakan bahwa gejala entakan itu tidak terasa signifikan.

Dengan segera kami mencoba mobil berikutnya, yaitu Toyota Kijang Innova G AT Diesel, milik Krisna Kumar. Keluhan yang dirasakan Krisna, transmisi lambat dalam merespons input pengemudi. Hal ini terjadi saat perpindahan gigi pada kecepatan tinggi.

Namun, keterbatasan area menjadi kendala kami. Kami hanya bisa melaju hingga kecepatan maksimal 60 km/jam. Sehingga kami belum merasakan hal yang signifikan soal perpindahan gigi yang lamban.

Metode pertama kami menggunakan mode ECO dan berkendara normal untuk merasakan respons transmisi terhadap bertambahnya kecepatan. Selain itu, sesekali kami coba melakukan kick down untuk mengetahui seberapa cepat respons transmisi berpindah gigi. Hal serupa kami lakukan tapi dengan mode Power. Dari hasil kedua tes itu, kami mendapati perpindahan gigi transmisi yang terjadi merupakan karakter transmisi konvensional milik Kijang Innova yang tak terlalu responsif.

Kami pun mencoba juga Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT yang dibawa oleh Bergson Manik. Keluhan yang dipaparkan adalah transmisi yang mengentak saat perpindahan gigi dari “2” ke “3” serta terdeteksi bunyi desingan turbo yang tidak lazim.

Penasaran, kami pun segera mengendarai mobil tersebut secara normal. Sayangnya, kami tidak menemukan bunyi desingan turbo yang tak lazim serta entakan perpindahan gigi transmisi seperti yang dikeluhkan. Sang pemilik pun penasaran, ia mengambil alih kemudi dan mencoba mencari entakan yang dimaksudnya.

Metode tes yang ia terapkan yakni ketika sedang melaju dengan kecepatan antara 30-40 km/jam, mendadak dilakukan pengereman normal. Sesaat setelah pengereman, pedal gas pun diinjak kembali. Dengan cara itu, didapati transmisi mengalami entakan saat pindah gigi walau tidak keras.

Konsumen Kijang Innova dan Fortuner suarakan keluhannya kepada Auto BildKonsumen yang kecewa menuntut perpanjangan garansiTaqwa Suryo Swasono dari Garden Speed Motorsport beri penjelasan logis tentang keluhan

Keluhan Lain

Selain beberapa keluhan yang telah kami uji coba, masih ada keluhan lain yang kami kumpulkan dari para pemilik kedua produk Toyota pada pertemuan itu. Tapi karena tidak memungkinkan untuk melakukan pembuktian, baik karena keterbatasan area maupun waktu, maka keluhan ini hanya kami kumpulkan.

- Respons rem All New Toyota Kijang Innova dirasa lambat pada kecepatan tinggi dan melintasi jalan menurun. Rem dianggap tidak mau merespons yang ditandai dengan putaran mesin tidak kunjung turun. Setelah pedal rem dilepas dan diinjak lagi, baru terasa rem merespons.

- Respons throttle mesin All New Toyota Kijang Innova dirasakan lamban. Hal itu terjadi ketika sedang cruising pada kecepatan tinggi hingga 130 km/jam, pedal gas dilepas dan putaran mesin turun. Ketika pedal gas kembali tidak respons dari mesin yang ditandai dengan tidak adanya kenaikan putaran mesin. Lalu pedal gas dilepas dan diinjak lagi, baru dirasakan mesin merespons dan putaran mesin pun naik.

Our Opinion

Dari hasil pengetesan kami terhadap ketiga mobil itu, tidak semua keluhan kami dapati. Kami berharap fakta yang sebenarnya bisa terungkap setelah produsen melakukan pengujian dengan metode tes mereka sendiri dan tidak berlarut-larut.
 

353/60-61(2-15Nov16)

Komentar