AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pabrik Toyota di Indonesia Punya Dua Mesin Canggih Ini

Foto : Anton Hari Wirawan

Pabrik Toyota di Indonesia Punya Dua Mesin Canggih Ini

Selain proses produksi yang optimal, pabrik Toyota di Indonesia punya dua mesin canggih Ini. Mereka adalah, Servo Press dan Water-based Paint Shop

Untuk mewujudkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)  menjadi basis produksi mobil Toyota yang cukup besar di Asia, selain Jepang, mereka butuh senjata andalan. Selain proses produksi yang optimal, pabrik Toyota di Indonesia punya dua mesin canggih ini. Mereka adalah, Servo Press dan Water-based Paint Shop.

Servo Press adalah mesin yang digunakan pada proses Stamping Shop. Alat ini berguna untuk membentuk lembaran plat besi menjadi panel atau sasis mobil. Dengan Servo Press, ketinggian dan tempo entakan tekanan bisa diatur dengan optimal sesuai kebutuhan. Alat ini diklaim TMMIN lebih cepat dibanding mesin press konvensional dalam memproses lembaran plat besi tersebut.

Water-based Paint Shop

Selanjutnya ada Water-based Paint Shop. Dengan ini, cat yang dipakai di mobil menggunakan campuran berbahan dasar air. Beda dengan cat biasanya yang menggunakan campuran bahan dasar solvent. Untuk kualitas dan hasil pengecatan, memang tidak ada bedanya antara cat Water-based dan konvensional. Yang membedakan adalah, cat Water-based lebih ramah lingkungan karena menyisakan limbah berbahan dasar air. Komposisi cat Water-based adalah, 30% cat dan 70% air. Jadi lebih ramah lingkungan.

Komentar