AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Pasar Mobil Bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Turun Akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul

Bukan hanya pasar mobkas Avanza-Xenia yang terkena dampak penurunan harga akibat munculnya duet LCGC Astra, Sigra dan Calya. Pasar mobil bekas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla turun akibat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra muncul. Salah satunya di kawasan bursa mobil bekas Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

Pedagang dari showroom Timur Jaya Mobil, Riverian, menyebut bahwa hadirnya Calya-Sigra membuat konsumen berpikir ulang membeli mobil bekas.

"Calya dan Sigra ada pengaruh. Mereka kan mobil baru dan harganya murah, jadi bersaingnya ketat. Konsumen sekarang berpikirnya lebih baik ambil mobil baru, cuma beda-beda sedikit harganya, tapi kondisinya gress," papar Riverian.

Selisih Harga Tipis

Senada dengan Riverian, Ivan, pemilik showroom Amar Automobilindo menyebut, Sigra dan Calya tak hanya memengaruhi penjualan mobil bekas Xenia dan Avanza, tapi juga Ayla dan Agya.

Ini lantaran Avanza-Xenia dan sejenisnya dilepas dengan rentang harga Rp130-an juta, sementara Ayla-Agya dibanderol di rentang Rp85-Rp100-an juta.

"Sudah lumayan kena imbasnya. Yang berasa kalau jualan Ayla-Agya, lalu Karimun, terus sama Xenia-Avanza. Ini harganya bedanya sedikit dengan Calya-Sigra. Kalau ini dimasukin, jadi uang cicilan empat tahun enggak terasa bedanya," tukas Ivan.

Ivan menambahkan bahwa para penjual terpaksa menurunkan harga mencapai 3-5 persen untuk Ayla-Agya guna memberi tawaran menarik kepasa calon pembeli untuk bersaing dengan penjualan Sigra-Calya baru.

Komentar