AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Bekas di Depok Terus Turun

Penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Bekas di Depok Terus Turun

Kehadirannya, sering dikaitkan dengan penjualan mobil bekas seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Apakah penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bekas di Depok terus turun karena Calya-Sigra?

Pada bulan Agustus lalu, Toyota dan Daihatsu telah memperkenalkan kendaraan LCGC nya. Ia adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yang kini menjadi fenomena baru di pasar otomotif nasional. Kehadirannya, sering dikaitkan dengan penjualan mobil bekas seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Apakah penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bekas di Depok terus turun karena Calya-Sigra?

“Jika dibandingkan 2 tahun lalu, penjualan kami dari tahun ke tahun terus menurun. Bayangkan jika tahun 2014 lalu, Kami sanggup menjual Avanza-Xenia hingga 35 unit per bulan,” ucap Rudi, pemilik jual-beli mobkas Mandiri Maju Lestari, di bilangan Kelapa Dua, Depok.

Calya-Sigra Tidak Banyak Pengaruh

Ketika ditanya soal penyebab penjualan Avanza dan Xenia yang menurun, Rudi menampik bahwa kehadiran mobil baru LCGC Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tidak terlalu berpengaruh. “Menurut saya, tidak ada pengaruhnya karena itu mobil baru, sedangkan kami menjual mobil bekas tentu pasarnya berbeda,” ucapnya

Rudi juga menyatakan, tidak mengetahui dengan pasti penyebab menurunnya penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Dirinya pun mengaku, “Penjualan Avanza-Xenia saat ini per bulannya tidak menentu, paling banyak hanya sampai 24 unit per bulan.

Namun, jika ditimbang secara harga memang mobil bekas dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia setara bahkan cenderung lebih tinggi dari harga baru Calya-Sigra. Bahkan untuk kelas standarnya saja, mobil bekas Toyota Avanza bisa dihargai hingga 135 jutaan, yang artinya ia hampir menyamai harga mobil baru Toyota Calya tipe tertinggi yang dijual seharga Rp 150 juta.

Komentar