AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Permainan Ala Otomotif

Permainan Ala Otomotif

Permainan bernuansa otomotif semakin bervariatif dan menyerupai aslinya. Pemainnya pun tidak hanya anak-anak lagi

 

Manfaat dari bermain adalah mengasah pengetahuan dan keterampilan sebagai proses pembelajaran anak. Sesuai kemajuan zaman, permainan semakin berkembang dan menghibur. Namun karena begitu mengasyikkan, beberapa permainan anak juga dikonsumsi orang dewasa.

Nah, mainan anak bernuansa otomotif banyak dijumpai di pusat perbelanjaan atau mal. Uniknya, di beberapa gerai mainan itu pelanggannya tidak hanya anak-anak, malah banyak disambangi orang dewasa telanjur hobi.

Bisa jadi karena faktor harga yang relatif mahal untuk ukuran anak-anak. Seperti di toko TQ R/C and Hobbies di FX Sudirman X’nter di Jl Jend sudirman Pintu 1 Senayan lantai F3 No. 8, Jakarta Pusat, “Di toko ini khusus menjual mobil remote control merek Tamiya, miniatur mobil, dan sparepart. Harganya mulai Rp 4 juta sampai puluhan juta,” ungkap Yanto, pramusaji TQ R/C and Hobbies.

Bahkan beberapa Agen Pemerek Merek membuat die cast mobil sesuai varian yang dijual di pasar. Die cast tersebut juga dijual di beberapa dealer resmi. Artinya, mainan bernuansa otomotif bukan hanya sebagai permainan anak, tetapi sudah menjadi tren yang bisa dikoleksi.

Kali ini, kami kumpulkan 10 mainan anak bernuansa otomotif yang bisa menjadi edukasi anak sekaligus koleksi bagi orang dewasa.


1. Mini 4WD Tamiya
Mobil mainan ini cukup melegenda di kalangan anak-anak sejak kemunculannya hingga sekarang. Orang menyebutnya Tamiya, tapi sebenarnya nama tersebut diambil karena pelopor utama pencipta mainan ini adalah merek Tamiya asal Jepang.

Nama aslinya adalah Mini 4WD, memang mobil mainan ini mempunyai penggerak empat roda dengan penyalur tenaga dari baterai serta menyambung ke dinamo. Mobil ini berjalan di jalur khusus atau lintasan yang dibuat seperti sirkuit. Layaknya mobil balap, Mini 4WD juga mengadu kecepatan dua mobil.

2. Remote Control (RC)
Sekarang ini mobil mainan dengan remote control (RC) tidak hanya dimainkan anak kecil. Namun khusus mobil RC performa tinggi lebih banyak dimainkan orang dewasa karena tingkat kesulitannya cukup tinggi. Terlebih di beberapa negara dibuat kompetisinya.

RC high performance itu pun semakin maju. Dengan beragam lintasan, mulai dari lintasan touring, drift, sampai off road dipermainkan.

Harganya pun mulai dari Rp 4 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung spesifikasi mesin dan rangka yang diinginkan. Bukan hanya untuk balap, ada juga RC replika mobil produksi massal yang memiliki lisensi dari produsen mobil. Seperti pada RC Tamiya yang mendapat lisensi khusus dari Mercedes-Benz yang menghadirkan line-up mobil terbaru.

3. Hotwheels
Mainan merek ini menjadi salah satu barang buruan. Hotwheels menjadi salah satu collector item khususnya mobil yang jarang atau langka.

Mobil mainan yang diproduksi Mattel Inc USA ini, mempunyai ragam hingga ribuan dan setiap tahun hanya diproduksi sekali saja. Koleksinya mulai dari mobil pabrikan, klasik, sport, modifikasi, hingga prototipe.

Di Indonesia, produk Hotweels mudah ditemukan. Seperti di Toys City, Kids Station, Toy zone, dan toko mainan lainnya. Di setiap gerai penjaja Hotwheels, kebanyakan dari mereka bukanlah anak kecil melainkan orang dewasa.

Meski harga mainan Hotweels cukup terjangkau berkisar Rp 22 ribu, tapi untuk produk khusus atau langka, para kolektor itu saling bertukar, jual beli hingga lelang. Harganya pun bisa mencapai jutaan. Karena semakin jarang keberadaan di toko, harganya semakin tinggi.

4. Mobil Rakitan
Mainan ini bagus bagi anak-anak yang ingin mengenal lebih jauh tentang otomotif khususnya mobil. Mainan ini harus dirakit dengan disediakan petunjuk merakit. Mulai dari bodi, kaki-kaki, hingga mesin. Karena harus dirakit, motorik halus anak pun menjadi terasah serta mengerti lebih dalam tentang mobil hingga komponennya.

Tamiya adalah produsen yang paling kondang memproduksi mainan jenis ini. Seperti miniatur mobil produksi massal atau kendaraan perang yang diberi cat khusus.

5. Die cast Mobil Massal
Seiring perkembangan otomotif di Indonesia, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) memproduksi die cast sesuai dengan mobil yang diproduksi. APM yang serius memproduksi adalah Daihatsu dan Toyota. Die cast tersebut bisa dimiliki dengan membeli di dealer resmi tersebut atau berupa hadiah telah membeli mobil.

6. Mobil- Mobilan Aki
Mobil-mobilan aki ini murni mainan anak-anak yang banyak dijual di toko mainan. Mobil yang digerakan dengan aki kering ini, bisa di-charge berulang kali. Mainan ini juga aman bagi anak, dan bisa dikendalikan oleh anak layaknya belajar pengemudi. Menjalankannya hanya menginjak pedal gas, dan dilengkapi remote control untuk orang tuanya mengendalikan.

7. Mobil – Mobilan Kayu
Mainan ini tergolong tradisional karena terbuat dari kayu, dan dimainkannya ditarik oleh tali. Mainan ini sudah jarang dijumpai, hanya dijual di beberapa tempat seperti Kalibata, Jakarta Selatan atau di daerah Karawang.

Modelnya pun beragam mulai dari bus, truk, jip, sampai bajaj. Tetapi mobil-mobilan dari kayu ini, tetap menjadi incaran anak-anak karena bentuknya yang lucu.

8. Lego
Lego adalah salah satu alat permainan buatan Denmark yang hingga saat ini masih menyandang predikat sebagai alat permainan favorit, bukan saja untuk anak-anak tapi juga orang dewasa. Pada dasarnya mainan Lego tidak mengenal usia, karena dapat dimainkan oleh semua usia karena memiliki beberapa manfaat.
Mainan ini juga membutuhkan kecermatan dalam merakit, karena Anda bebas membentuk apapun yang diinginkan. Seperti, suasana kota beserta jalan dan mobil, atau sirkuit mobil. Cara bermainnya juga bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga.

9. Silverlit RC
Silverlit RC mempunyai jalur tersendiri seperti mini 4WD, perbedaanya mainan ini mempunyai remote tersendiri yang terhubung dengan sirkuit. Sirkuit itu sendiri layaknya seperti sirkuit asli, yang dilengkapi dengan paddock dan tribun tempat penonton. Biasanya mainan ini disewakan di beberapa pusat perbelanjaan, dan disewakan per putaran sirkuit.

10. Game Simulasi Balap
Banyak game konsol maupun personal computer yang bernuansa balap mobil. Semisal Gran Turismo di PlayStation. Nah, bila game itu dimainkan dengan alat yang mencakup pedal gas, rem, setir, tuas persneling, hingga kursi duduk ala mobil balap tentu makin seru. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa.
 

 

262/96-97(8-21Mei13)

Tags

Komentar