AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Child Seat

Foto : Cosatto.com

Ragam Jenis Child Seat yang Anda Wajib Ketahui



Sekarang ini, hampir semua produsen mobil telah menetapkan standar yang cukup tinggi untuk sistem keselamatan. Namun, sistem tersebut tidak berlaku bagi bayi dan balita yang harus mendapatkan perhatian khusus. Maka dari itu, aksesoris tambahan, seperti kursi balita/child seat, merupakan hal penting untuk keselamatan anak-anak saat diajak berkendara menggunakan mobil.

Memilih child seat sesuai dengan berat badan anak, merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak sesuai dengan berat dan dimensi badan, child seat tidak akan mendekat tubuh anak secara maksimal. Ukuran yang tidak pas membuat bayi Anda bisa terguncang lebih keras atau bahkan terlempar dari kursi saat terjadi kecelakaan.
Berikut adalah ragam child seat berdasarkan berat badan/usia anak, seperti dilansir dari laman baby2k.com .

Newborn Seat/ Infant Seat
Kursi ini berbentuk seperti keranjang bayi. Balita yang masuk dalam klasifikasi Infant seat adalah balita yang memiliki berat badan 0-13kg. Infant seat hanya boleh digunakan sebagai rear-facing seat (dipasang menghadap ke belakang). Anda boleh menggunakan seat belt yang tersedia, untuk memasang car seat ini.

Convertible Seat
Kursi balita kelas berikutnya, diperuntukkan bagi anak dengan berat badan 10-25 kg. Bentuk kursi ini mirip kursi balap, terdapat bantalan pelindung pada kedua sisi tubuh dan kepala anak-anak. Kursi ini bisa Anda hadapkan ke depan atau ke belakang (front/rear facing seat).

Booster Seat
Booster seat adalah kursi untuk balita yang berbobot lebih dari 25kg. Bentuk dari kursi ini mirip dengan Convirtable Seat. Namun lebih besar dan kuat. Kursi ini sesuai namanya, hanya sebatas menambah tinggi posisi duduk, agar anak dapat dekapan seatbelt yang ideal.

 

Komentar

Berita Terkait

umum

Senin, 5 Desember 2016

Child Seat SUNSHINE KIDS Radian 65 Untuk Kenyamanan Duduk Bayi di Mobil

Bagi Anda yang sering berpergian dengan buah hati tercinta, tampaknya SUNSHINE KIDS Radian 65 cocok untuk menambah kenyamanan duduk si bayi di mobil