AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Sejarah Panjang Toyota Corolla

Foto : Dok. Auto Bild

Sejarah Panjang Toyota Corolla

Jauh sebelum sampai generasi kesebelas, Corolla pertama kali diproduksi di pabrik Takaoka, Jepang pada 1966.

Jauh sebelum sampai generasi kesebelas, Corolla pertama kali diproduksi di pabrik Takaoka, Jepang pada 1966. Tapi pada November di tahun yang sama, barulah debut Corolla di industri otomotif dimulai. Ia hadir sekaligus menjadi lawan tangguh bagi Nissan Sunny kala itu.

Berasal dari bahasa latin, Corolla mempunyai makna mahkota bunga. Ia tercipta berkat kerja keras Tatsuo Hasegawa, Chief Engineering, hingga begitu digandrungi banyak konsumen.

Salah satu magnet terbesar Corolla adalah performa mesin. Selain terkenal andal, mesin yang digunakan lebih besar 100 cc dibandingkan rival senegaranya, Sunny yang hanya 1.000 cc. Kemudian hal menarik dari Corolla generasi pertama adalah ia juga hadir dalam beberapa model. Di antaranya sedan, coupe dan station wagon dengan versi 2 pintu.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Corolla baru hadir di era 1970-an yang bermodelkan 4 pintu. Model ini adalah generasi kedua Corolla (E20) dengan desain yang lebih segar dan mesin baru. Meski tidak terlalu signifikan, tenaganya naik 1 dk ketimbang pendahulunya yang hanya mampu menghasilkan tenaga 64 dk.

Seiring berjalannya waktu, Corolla di Indonesia seolah menjadi primadona dan terus berevolusi. Mulai dari Corolla DX, GL, SE, Great Corolla, All New Corolla dan Corolla Altis yang namanya belum berubah hingga sekarang.

344/56-57(29Jun-12Jul16)

Komentar