AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Separuh Abad Toyota Corolla

Foto : Dok. Auto Bild

Separuh Abad Toyota Corolla

Perjalanan 50 tahun bukanlah waktu yang pendek. Namun, Toyota Corolla mampu menjalaninya dengan gigih dan penuh gengsi. Catatan pentingnya sedan ini sudah terjual lebih dari 43 juta unit di seluruh dunia

Oktober 1966 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan salah satu raksasa otomotif dunia, Toyota. Pabrikan Jepang itu resmi memperkenalkan sedan paling legendaris mereka yakni Toyota Corolla ke publik.

Generasi pertama Corolla tidak serta-merta tampil agresif seperti saat ini. Awalnya ia justru terlihat begitu manis dengan rupa sedan yang khas, dua pintu, plus aksen bulat yang hinggap di lampu utama dan juga tutup pelek berlapis krom.

Sang desainer, Tatsuo Hasegawa juga sempat membuat model lain dari Corolla generasi pertama ini. Hingga hadir model Corolla Coupe dan Station Wagon.

Model yang kompak didukung mesin ‘K’ legendaris berkapasitas 1.077 cc 4 silinder terbukti menyuguhkan pengalaman berkendara memadai. Tidak heran jika Corolla dengan cepat bisa menjadi sorotan dunia. Namanya langsung semerbak, sesuai arti harafiah Corolla sendiri yang berarti “Mahkota Bunga.”

Bahkan saat itu Toyota dijual dengan slogan cukup mencolok. “Mobil yang paling dicari di pasar - disajikan kepada dunia dengan menyatukan esensi teknologi Toyota”. Bukan pepesan kosong, sebab Corolla dikembangkan dengan mengadopsi banyak teknologi baru yang diaplikasi Toyota pada saat awal memproduksi sebuah mobil keluarga.

Ia menghadirkan kabin yang istimewa di eranya. Setirnya mantap digenggam dikombinasi dua jok bucket terpisah serta jok yang nyaman di baris kedua layaknya sofa di ruang keluarga. Puncaknya ialah di 1997, Corolla menjadi yang terbaik di dunia, melebihi Volkswagen Beetle. Pencapaian luar biasa untuk mobil yang diproduksi pabrikan mobil non Eropa dan Amerika Serikat.

Fakta di atas adalah sekilas dari rentetan panjang kisah sukses yang telah ditorehkan Corolla. Dari tiap generasi Corolla itu pun melewati beragam inovasi. Sebut saja evolusi desain dan mesin, berbagai edisi spesial Corolla, prestasi di dunia balap, hingga akar yang kuat bagi pengagum Corolla di Tanah Air. Happy 50th Anniversary Corolla!

 

344/54-59(29Jun-12Jul16)

Komentar