AUTOMOTIVE CONSUMER GUIDANCE

Solusi Mobil Tak Mau Start

Foto : Bambang Prijambodho

Solusi Mobil Tak Mau Start

Susah menstart mesin saat mobil sangat dibutuhkan bisa menjadi bencana

Beberapa problem bisa menjadi penyebab mesin mobil tak mau distart. Kondisi ini bisa menjadi bencana ketika sangat membutuhkan mobil sebagai alat transportasi. Melakukan perawatan berkala sesuai jadwal dan rutin, dapat terhindar dari bencana itu. 

Perawatan memang tindakan preventif. Namun karena mobil lebih sering berada di tangan sendiri, tentu Anda perlu mengenali apa penyebab dan apa sebaiknya yang harus dilakukan jika mobil enggan distart.

Kami kumpulan beberapa gejala, kerusakan dan solusinya dari masalah mesin enggan distart. Namun sebisa mungkin lakukan antisipasi agar penyakit itu tak sampai menimpa mobil Anda.

Masalah 1: Mesin sama sekali tak mau berputar
•    Skenario: Anda putar kunci, tapi tidak terjadi apa-apa. Lampu indikator di dasbor tak menyala dan sedikit pun suara tak terdengar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin dan memeriksa aki.

Bisa jadi aki sudah soak atau ada masalah dengan kabel di sistem starter.  Cobalah melakukan jump start  aki. Jika tidak berguna, Anda harus memanggil mekanik.


•    Skenario: Saat Anda memutar kunci, terdengar suara tek..tek  atau klik  berulang cepat dan lampu petunjuk di dasbor berkedip. Ini penyakit umum dari aki yang sudah melemah. Dengan men-jump start  aki, mesin bisa dihidupkan.

Tapi jika hal ini sering terjadi, mungkin aki atau alternator mobil Anda sudah jelek. Atau bisa juga hanya v-belt  alternator sudah kendur. Bawalah mobil ke bengkel untuk penggantian aki atau jika perlu menservis alternator.


•    Skenario: Saat Anda memutar kunci, lampu indikator di dasbor menyala tapi tidak terdengar apa pun. Untuk mobil matik, pastikan tuas gigi di posisi Park. Atau coba menstart dengan tuas transmisi di posisi N (netral).

Jika bertransmisi manual, coba dengan menginjak penuh pedal kopling. Kemungkinan terbesar, ada kerusakan pada sistem starter  atau sirkuit elektrik-nya
bermasalah. Bisa jadi bermasalah pada switch ignition  atau solenoid starter.


•    Skenario: Lampu petunjuk di dasbor menyala tapi mati lagi begitu kunci diputar ke start dan mesin tak mau berputar saat. Tapi lampu petunjuk perlahan menyala saat kunci kembali ke posisi awal (ACC). Ini juga penyakit umum, berupa koneksi kabel aki yang tidak benar.

Saat kunci diputar ke start, banyak arus listrik yang dipakai hingga dapat memutus koneksi. Begitu kunci dikembalikan ke ACC, koneksi perlahan terhubung lagi. Koneksi itu cukup untuk menyalakan lampu di dasbor, tapi tak cukup kuat untuk menstart. Dengan membersihkan dan mengencangkan kepala aki masalah ini bisa diselesaikan.


•    Skenario: Saat memutar kunci, terdengar suara keras seperti gesekan antar metal. Starter drive  (umum dikenal bendix) atau ring gear flywheel  sudah rusak. Anda bisa mencoba menstart ulang beberapa kali.

Segera hentikan jika muncul suara bising itu. Begitu bisa distart dan mesin menyala, segera bawa ke bengkel untuk perbaikan.


Catatan: Untuk mobil manual, keempat skenario tadi kemungkinan bisa diatasi darurat dengan cara mendorong.

Masalah 2: Mesin berputar tapi tak mau menyala
•    Skenario: Mesin bisa berputar normal, tapi tampaknya tidak ada gejala mau hidup. Langkah termudah, melihat pada indikator bbm di dasbor apakah ada bahan bakar di tangki.

•    Skenario: Saat pertama kali Anda memutar kunci ke ON, Anda tak mendengar suara fuel pump.  Pada mobil dengan sistem electronic fuel injection  (EFI), Anda seharusnya mendengar suara dengung beberapa detik dari dekat tangki bbm.

Itu suara fuel pump  elektrik sedang bekerja. Jika tidak terdengar, Anda bisa melepas kunci dan mengulang dari awal. Atau mencoba menyalakan mesin hingga lampu indikator oli padam. Langkah ini dapat membuat pompa bekerja dan mesin pun hidup.


•    Skenario: Mesin bisa berputar normal dan tampaknya hendak menyala. Tapi mesin tak kunjung hidup. Kemungkinan mesin sudah ‘banjir’. Injak penuh pedal gas dan coba lagi. Lepaskan pedal gas jika mesin berhasil hidup.

•    Skenario: Mesin mau berputar tapi dengan pola suara yang tak seragam dan berulang-ulang. Kemungkinan terbesar timing chain  atau timing belt  sudah rusak. Anda bisa memanggil mobil derek menuju ke bengkel.

Masalah 3: Mesin menyala tapi segera mati
•    Skenario: Mesin mudah hidup, tapi juga cepat mati lagi. Ini penyakit umum dari kerusakan switch ignition.  Dengan mengganti peranti masalah ini bisa tuntas. Atau bisa juga sederhana, yakni diakibatkan setelan idle  mobil Anda terlalu rendah.

•    Skenario: Mesin mau distart dan menyala, tapi begitu gigi dimasukkan, mesin mendadak berguncang dan mati. Kemungkinan converter clutch  di transmission torque converter  (turbin) menempel, padahal seharusnya tidak. Karena perbaikannya cukup rumit, sebaiknya Anda memanggil mekanik.

•    Skenario: Mesin mau distart dan menyala, tapi saat berhenti sejenak mesin tidak mau langsam dan mati. Bisa jadi ini karena fast idle  bermasalah. Saat mesin masih dingin, seharusnya mesin bisa langsam dengan cepat dibanding kondisi sudah panas.

Itu untuk menjaga mesin tetap menyala. Anda dapat menghidupkan mesin lagi dan tekan sedikit pedal gas untuk memanaskan. Segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk perbaikan.

Tags

Komentar